BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Masyarakat Diajak Jaga Peninggalan Purbakala

November 17
22:32 2015

penyluhan arkeolog

Penyerahan foto berisi gambar benda-benda purbakala

 

Mitra, BeritaManado.com – Bupati James Sumendap SH melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Adrianus Tinungki M.Eng membuka penyuluhan arkeologi dalam rangka menggali potensi arkeologi dan manfaatannya bagi masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium kantor bupati, Selasa (17/10/2015) kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mitra dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Arkeologi Manado.

Tinungki pada kesempatan itu, mengajak seluruh masyarakat agar selalu menjaga peninggalan sejarah masa lalu atau benda purbakala yang merupakan bagian dari warisan budaya yang bermanfaat untuk pembangunan, untuk mengembangkan dan meningkatkan rasa kebanggaan dan jati diri bangsa serta menjadi bahan pendidikan sejarah kebudayaan.

“Disamping itu tentu menjadi potensi pariwisata yang dapat memberikan nilai positif untuk mengangkat dan menambah penghasilan pemerintah daerah serta masyarakat,” kata Tinungki.

Tambahnhya, kegiatan penyuluhan ini juga merupakan bentuk kepedulian agar kita dapat mengetahui sejarah dan budaya masa lampau berdasarkan peninggalan benda purbakala

Sementara itu, Kepala Dinasparbud Mitra Drs Robby Sumual mengatakan, Minahaaa Tenggara kaya akan peninggalan arkeologi baik sejarah maupun prasejarah yang tersebar dibeberapa tempat.

“Kedepan akan diadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat/adat dan budayawan untuk membicarakan tindak lanjut dan menggali lebih dalam sejarah dari temuan benda arkeologi tersebut, dan dihimbau kepada masyarakat yang menemukan benda purbakala agar melaporkan ke dinas terkait,” imbau Sumual.

Pada kesempatan itu juga, selain penyuluhan arkeologi, digelar pameran arkeologi serta penyerahan cenderamata dari balai arkeologi Manado kepada bupati yang diterima Sekda.

Adapun benda arkeologi Mitra terdiri dari keramik piring yang diyakini terbesar di dunia dengan diameter 92cm tinggi 22 cm di Tombatu Tiga, piring makan, miniatur Gunung Soputan di Tombatu Satu, Lesung Batu milik leluhur Datumbanua Subanen di Tombatu, Sumur Tua di Desa Kali, Sakongimbatu di Pegunungan Lesung Tombatu, Lesung Batu di Lowatak, Lesung Batu Di Silian, 3 Lesung Batu di Desa Beringin, Leaung Ratu Oki di Kali, Pasak Wanua Pangu, Pasak Wanua Ratahan, Veltbox di Bukit Tareten, Kubur Keramat Desa Borgo, Lesung Batu Ratahan dan sebagainya. (rulansandag)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

4 × two =