BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Hebat! Mahasiswa S1 Unsrat Buat Buku Layaknya Disertasi Calon Doktor

December 11
11:14 2018

Dr Cornelius Tangkere SH MH Menunjukkan Buku Karya Mahasiswa

Manado, BeritaManado.com – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (FH Unsrat) kembali menorehkan prestasi dengan karyanya, yakni sebuah Buku berjudul “Pulau-Pulau Terluar Indonesia”.

Hal ini disampaikan Dr Cornelius Tangkere SH MH, kepada BeritaManado.com (9/12/2018), di Kampus FH Unsrat, Manado.

Dosen Mata Kuliah Hukum Kawasan Perbatasan dan Pulau-pulau terluar ini menceritakan, bahwa dalam proses belajar mengajar di Mata Kuliah tersebut, ia menantang Mahasiswanya untuk menulis suatu Karya Ilmiah.

“Hasilnya diluar ekspektasi, sebuah buku layaknya disertasi seorang calon doktor,” kata Cornelius Tangkere.

Diungkapnya, ia sangat bangga dengan anak didiknya yang dinilainya sangat luar biasa. Cornelius Tangkere pun menjelaskan maksud dan tujuan dari hal tersebut.

“Pertama, paradigma yang saya pakai untuk proses pembelajaran yaitu adalah bagaimana mahasiswa itu harus “to create market”, bukan “market oriented”, jadi pendidikan tinggi itu harus dirubah paradigmanya,” kata Cornelius Tangkere.

Lanjutnya, “To create market” berarti menciptakan pasar, mereka harus berbuat, belajar sambil berbuat.

“Prinsip pendidikan yakni learning by doing, prinsip inilah yang harus kita terapkan mulai dari sekarang. Sebagai Manusia ciptaan Tuhan, Mahasiswa itu memiliki multiple intelligentsia. Potensi yang mereka miliki sangat besar, apalagi ditunjang dengan era teknologi yang sudah sangat maju,” ujar Cornelius Tangkere.

Menurutnya, sebagai dosen atau pendidik tinggal menggali saja potensi yang dimiliki Mahasiswa, sehingga harus mampu menciptakan, menimbulkan atau membangkitkan semangat Mahasiswa untuk membuat yang terbaik. Hal tersebut menurutnya model pembelajaran yang modern sekarang ini.

“Saya mengajak para mahasiswa untuk apa yang mereka kerjakan mereka bukukan. Bukan hanya sekedar tugas lepas, kita harus kembangkan dan bukukan itu. Soal kualitas itu nanti, yang penting mereka berani berbuat dan memulai. Disatupihak, persaingan kedepan semakin sengit, wajarlah kita harus mulai terus berinovasi. Terutama untuk dosen, jangan lagi mendominasi, sekarang harus¬† student oriented bukan lecturer oriented,” tandas Cornelius Tangkere.

Diungkapnya, ada 3 hal pokok yang harus dimiliki seorang Mahasiswa. Pertama Skill, dengan menyusun buku seperti ini berarti mereka terampil, mereka harus diajak terampil. Kedua Knowledge, dengan membuat buku ini mereka mendapat pengetahuan baru. Ketiga attitude, sikap dan perilaku menjadi penting, dengan menulis buku mahasiswa dibentuk kepribadiannya bagaimana mereka dalam menulis terasah secara teknis penulisan dan etika pengambilan sumber.

“Itulah pembentukan kepribadian Mahasiswa dengan 3 pendekatan, Skill, Knowledge dan Attitude yang patut dimiliki seorang Mahasiswa,” jelas Cornelius Tangkere.

Dekan FH Unsrat, Dr Flora Kalalo SH MH dalam kata pengantar buku tersebut mengapresiasi Dr Cornelius Tangkere SH MH dan Anastasia Gerungan SH MH yang telah mendorong mahasiswa menghasilkan karya dalam bentuk buku.

“Saya harap buku ini dapat menjadi bahan referensi dalam perkuliahan serta menjadi bahan masukan kepada Pemerintah. Kiranya kehadiran buku ini memotivasi dosen lain untuk mendorong Mahasiswa menghasilkan karya-karya yang dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dibidang Hukum, sehingga FH Unsrat dapat terus berkembang menjadi lebih baik dalam bidang akademik dan keilmuan,” tutup Flora Kalalo.

Berikut Nama-nama Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Penyusun:

Indah Runtuwene
Christopher Thanos
Greity Weku
P Nonny Suhantri
Gratio Lempoi
Yosua Mantiri
Angelita Losung
Dinda Nur Riyanti
Armando Wirajaya
Mustika Muhsin
Revivo Tulaseket
Gregorius Doodoh
Alexsandre Rantung
Marcelino Maramis
Billy Mingkid
Angelina Siwy
Jetly Wauda
Christiani Umboh
Rizky Inkiriwang
Tiffanny Watulingas
Adeleida Mandagie
Alicia Walangitang
Hizkia Mamangkey
Wulan Enjelita Igir

(PaulMoningka)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

1 × two =