BeritaManado.com

Diminta Segera Kosongkan Lahan, Warga Candi Bakal Lakukan Perlawanan

October 19
22:29 2017
Warga Candi yang memprotes rencana penggusuran

Warga Candi yang memprotes rencana penggusuran

 

Bitung – Puluhan Kepala Keluarga (KK) yang selama ini bermukim di Candi Kelurahan Bitung Barat Kecamatan Maesa satu suara menyatakan menolak meninggalkan lokasi itu.

Walaupun lokasi yang didiami 86 KK dan diklaim telah diwariskan ke Inggrit Ratuwalu dan meminta segera mengosongkan lahan sebelum tanggal 30 Oktober.

Menurut salah satu warga, Nicolas Umbar, pihaknya siap menghadirkan tiga pengacara untuk membela hak masyarakat yang mendiami lahan itu.

“Kami bersikeras menolak pengosongan lahan, karena pemilik tanah diantara kompleks Pertamina dan Candi merupakan kepunyaan Petrus Tumbal, bukan Inggrit Rantuwalu,” katanya, Kamis (19/10/2017).

Bahkan kata dia, surat pemberitahuan pihak Inggrit Ratuwalu siap memberi ganti rugi masing-masing KK mendapat Rp5 juta tak menggiurkan warga untuk angkat kaki.

“Kami sudah sepakat tidak akan angkat kaki walaupun diiming-imingi dengan uang Rp5 juta,” katanya.

Selain menyatakan penolakan, warga juga melakukan pematokan batas kepemilikan tanah yang diduga masih bersengketa.(abinenobm)

 

 

 

 

 

2 Comments

  1. Tumbal Asli October 20, 18:53

    Adoh…Akhirnya Torang Pe Tete Pe Tanah Raja Petrus Tumbal Terkuak…Stop Semua…Kami Ahli Waris Tanah Tersebut Akan Datang Untuk Mengurus. Semua Warga Tetap Tinggal Diam Di Lahan Tersebut. Yg Benar Lokasi Tersebut Mulai Dari Lahan Pertamina Sampai Dengan Samping Witico Yg Berbatasan Dengan Tua Lores Almarhum. Selama ini kami keluarga susah melacak karna dari Pertanahan Tdk Terbuka. Ahli Waris Keluarga Besar Tumbal Akan Memproses Lahan Peninggalan Org Tua Kami.

    Reply to this comment
  2. Sian Tumbal Pasulatan October 20, 18:36

    Yaaaa…Akhirnya Terkuak Juga Selama ini Pergumulan Tentang Tanah Milik Tete Kami Raja Tumbal Yaitu PETRUS MINSTORD TUMBAL…Yg Oleh Keluarga Besar Tumbal Mengusut Harta dan Kekayaan Raja Tumbal Petrus. M Tumbal Yg Tdk di Akui Oleh Pemerintah Bitung Pada Saat Itu Akhirnya Jadi Terbuka. Kepada Seluruh Warga Yg Mendiami Lokasi Tanah Dari Candi Sampai Dengan Wilayah Pabrik Seng Witico Yg Berbatasan Dengan Tanah Milik Tua Lores itu adalah Milik Raja Petrus M. Tumbal. Tanah Tersebut di Miliki Bersamaan dengan Lokasi Yg Ada di PAAL 2 Manado. Kepada Seluruh Warga Yg Tinggal di Wilayah Tersebut. Tetap Tinggal Sambil Menunggu Keluarganya Yg Asli Dtg Utk Mengurusnya. Kami Keluarga Asli Keturunan Raja Petrus M. Tumbal. Dari Batumblanggo, Ensem, Ambia, Bulude dan Esang…Bukti Surat2 Kepemilikan Masih Tersimpan.

    Reply to this comment

Write a Comment