BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Status Pelabuhan Bitung Turun Kelas, Bagaimana dengan IHP dan KEK?

October 11
19:43 2018

Edison Humiang

 

Bitung – Kabar mengejutkan disampaikan Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang terkait status Pelabuhan Kota Bitung.

Menurut Edison, sesuai laporan dari Dinas Perhubungan Pemprov Sulut, status otoritas pelabuhan atau Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Bitung turun kelas dari kelas I ke kelas II.

“Sesuai laporan, Pelabuhan Kota Bitung mengalami perubahan status atau kelas pengelola turun dari eselon IIb ke eselon IIIa,” kata Edison saat menghadiri Paripurna Istimewa HUT ke-28 Kota Bitung, Kamis (10/10/2018).

Dengan perubahan itu kata dia, harus menjadi perhatian bersama, mengingat Pelabuhan Kota Bitung merupakan salah satu pelabuhan di Indonesia Timur yang disiapkan untuk menjadi International Hub Port (IHP).

“IHP ini ada korelasinya dengan ditetapkannya Kota Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang tentu akan berimbas dengan perubahan status pelabuhan,” katanya.

Pun demikian, mantan Sekda Kota Bitung ini mengaku akan melaporkan ke Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kadouw soal perubahan status Pelabuhan Kota Bitung.

“Makanya saya belum bisa memberikan komentar lebih apa langkah Pemprov dengan perubahan status itu. Yang pasti akan ada langkah-langkah strategis dari Pak Gub dan Wagub setelah saya sampaikan informasi itu,” katanya.

(abinenobm)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

eighteen − 2 =