BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Jopy Thungari: Jumlah DBD di Sangihe Capai 50 Kasus

January 17
20:57 2019

Sangihe, BeritaManado.com-Hingga saat ini jumlah Demam Berdara Dengue (DBD) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, mencapai 50 kasus yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe.

Memang masalah kasus DBD ini terjadi bukan hanya terjadi di Kabupaten Sangihe, ini hampir terajdi di seluruh Provinsi Sulut.

Kepala Dinkes dr Jopy Thungari ketika dihubungi, Kamis (17/1/2019) membenarkan hal tersebut. Menurutnya, jumlah penderita DBD di Sangihe bertambah menjad 50 kasus dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage Tahuna.

“Jadi sampai saat ini sebanyak 50 kasus penderita penyakit DBD, dan itupun mereka sedang dirawat di RSUD Liun Kendage Tahuna. Untuk penderita kebanyakan anak-anak yang mencapai 75 persen, sedangkan sisanya orang dewasa,” kata Thungari kepada BeritaMando.com.

“Sedangkan yang meninggal dunia, masih tercatat dua orang, dari Kelurahan Santiago Kecamatan Tahuna dan Kelurahan Tona Kecamatan Tahuna Timur,” sambung Dia.

Dijelaskanya, bahwa pihak Dinkes sendiri telah mengambil langkah-langkah guna melakukan pencegahan. Serta melakukam sosialisasi kepada masyarakat terkait menjaga lingkungan sekitar menjadi bersih.

“Kami sudah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, dan telah bekerja sama dengan Dinas Kominfo untuk mengajak masyarakat dalam melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk, Menguras, Menutup dan Mendaur Ulang atau (PSN 3M PLUS), dan sudah dilaksanakan Foging terutama didaerah yang sudah terdapat kasus DBD,” ungkap Thungari”

Terkait masalah DBD tambah Thungari, telah dilakukan rapat dengan Bupati, guna penanganan kasus DBD ini.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, telah menginstruksikan kepada Dinkes dan pihak terkait lainya Camat, Lurah untuk bersama-sama memerangi dalam pencegahan DBD di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Saya berharap pihak Dinkes dan pihak terkait lainya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat. Dimana, DBD ini telah mewabah di Kabupaten Sangihe. Serta dapat mengerahkan masyarakat untuk melihat hal-hal disekitar untuk memberantas jentik-jentik nyamuk,” tutur Gaghana.



(Christian Abdul)

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

four × 2 =