BeritaManado.com

Ini Hal Unik di Pengucapan Kota Bitung

October 08
11:09 2017
Pengucapan Kota Bitung

Pengucapan Kota Bitung

 

Bitung – Kota Bitung, Minggu (08/10/2017) menggelar Bitung Thanksgiving Day atau hari mengucapkan terima kasih dan dalam bahasa lokal dikenal dengan pengucapan.

Pengucapan Kota Bitung ini digelar beberapa hari sebelum HUT Kota Bitung tanggal 10 Oktober sebagai bentuk syukuran atas perlindungan Tuhan selama setahun serta silaturahmi antar masyatakat.

Menariknya, jika daerah lain di Sulut menyugukan daging sebagai menu utama dalam pengucapan, di pengucapan Kota Bitung ikan adalah menu utama yang disajikan dalam berbagai aneka masakan.

Bahkan, Nasi Jaha yang menjadi andalan setiap pengucapan juga disajikan namun sudah dipadukan dengan ikan dengan nama Nasi Jaha Tuna.

Tak hanya itu, oleh-oleh saat pengucapan yakni Dodol, di pengucapan Kota Bitung diganti dengan ikan kaleng yang notabene adalah industeri Kota Bitung.

Selain itu, tamu yang datang lebih diutamakan warga dari luar Kota Bitung dan warga Kota Bitung sendiri tak diminta menunggu di rumah untuk menjamu pengunjung.

“Kami ingin pengucapan Kota Bitung benar-benar menyajikan apa yang dihasilkan kota ini. Makanya menu ikan adalah menu utama dalam pengucapan,” kata Wali Kota Bitung, Max Lomban dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri.

Baik Wali Kota dan Wakil Walikota mengamu bangga dan berterimakasih kepada antusias warga dalam melakukan persiapan pengucapan seperti daerah lain di Sulut.

“Pengucapan Kota Bitung unik dan menarik, jadi sangat rugi jika tak datang untuk menikmati suasana pengucapan dan membawa oleh-oleh Nasi Jaha Tuna serta ikan kelang,” kata keduanya.(abinenobm)

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment