BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Alumni Sekolah Ini Bakal Gelar Lomba Pidato Bahasa Tondano

October 11
21:17 2018

 

Nova Lomboan (kedua dari kiri)

 

Tondano, BeritaManado.com — Jebolan SMA N 1 Tondano  dikabarkan akan menggelar Lomba Pidato Bahasa Tondano pada tanggal 1 November 2018 mendatang, dimana agenda tersebut sudah memasuki tahun ketujuh setelah pada  tahun 2012 silam dipelopori oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Fabian J Manopo.

Saat itu Manopo menulis di wall grup Belajar Bahasa Tondano yang diasuh oleh Bert Toar Polii sekaligus admin yang didirikan bulan November 2010 dan hal itu banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, dimana salah satunya yaitu penulis Kamus Melayu Manado-Indonesia-Tondano Boeng Dotulong yang berdomisili di Belanda.

Hal serupa juga dilakukan oleh LSM Toudano dan banyak pihak yang berada di perantauan yang selanjutnya terjalin komunikasi dengan SMA N 1  Tondano untuk menindaklanjutinya.

Kegiatan pertama dilangsungkan pada tahun 2012 di SMA N 1 Tondano dan disiarkan melalui live streaming ke seluruh dunia, dimana saat itu metode publikasi seperti itu masih merupakan barang langka, berbeda dengan saat ini, dimana semuanya berkat peran Fabian J Manopo.

Selanjutnya, Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Buupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi yang menjadikan lomba Pidato Bahasa Tondano sebagai agenda tahunan setiap rangkaian acara perayaan HUT Minahasa setiap bulan November.

Pada era pemerintahan Kabupaten Minahasa yang baru melalui Bupati Royke Octavianus Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi yang sudah menyatakan dukungannya akan kelanjutan Lomba Pidato Bahasa Tondano tersebut.

Tahun 2018 ini adalah pertama kalinya alumni SMA N 1 Tondano mengambil bagian secara penuh untuk mensukseskannya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Nova Lomboan SPd, lomba tersebut juga didukung oleh alumni lainnya seperti Harry Montolalu, Carlo Tewu, Decky Wagey, Esthy Kucera, Lingkan Walalangi yang bersedia menjadi pembina panitia.

Dukungan serupa juga datang dari Sanggar Bapontar yang dipimpin Beiby Luana Sumanti serta berbagai pihak lain dan untuk struktur kepanitiaan dieprcayakan kepada guru-guru SMA N 1 Tondano.

“Lomba Pidato Bahasa Tondano ini mempertandingkan beberapa kategori yaitu umum, SD, SMP dan SMA. Konsepnya sudah mendapatkan dukungan Dinas Pendidikan Daerah Cabang Dinas Tomohon – Minahasa melalui surat rekomendasi Kepa Dinas Merlinda Mamesah SPd. Selain itu juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Pendidikan minahasa Dr Arody Tangkere MAP.

Lomba akan diselenggarakan di Stadion Maesa pada 1 November 2018 dumulai pukul 8.00 WITA dan bagi yang berminat dapat menghubungi panitia melalui : CP Nova Lomboan 085342565205 (Ketua Panitia), Silvana Polii 082187109992 (Sekretaris), Imelda Moonik 082198875446 (Bendahara), Hartini Ngadiredjo 085343775628 dan Bert Toar Polii 08159522409.

 

(***/Frangki Wullur)

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

one × 5 =