BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Newmont Tegaskan Tidak Ada Urusan Lagi dengan Dana Yayasan

September 11
19:56 2018

Humas PT Newmont Minahasa Raya, Pretty Mamonto

 

Ratahan, BeritaManado.com – Pihak PT Newmont Minahasa Raya (NMR) rupanya tidak ambil pusing dengan urusan keuangan puluhan miliaran rupiah yang mereka gelontorkan ke tiga yayasan masing-masing Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU), Yayasan Minahasa Raya (YMR) dan Yayasan Ratatotok-Buyat (YRB).

Pernyataan untuk tidak mencampuri lagi urusan keuangan yang diserahkan Newmont kepada tiga yayasan itu disampaikan Humas PT Newmont Minahasa Raya, Pretty Mamonto menyusul datangnya sejumlah pertanyaan warga mengenai kejelasan pengelolaan dana bantuan eks perusahaan tambang di Ratatotok yang konon mencapai Rp 70 miliar.

“Kami (PT Newmont Minahasa Raya, red) tidak ada urusan lagi dengan dana yang dikelolah yayasan. Sebab, dana besar Corporate Social Responsibility (CSR) sepenuhnya telah menjadi tanggungjawab pengelola yayasan semenjak diserahkan pihak Newmont tahuh 2002 silam,” tegas Pretty baru-baru ini.

Orang kepercayaan Presiden Direktur PT Newmont Minahasa Raya ini mengungkapkan, pihaknya dalam posisi kurang tepat untuk memberikan penjelasan terkait dana miliaran yang ditangani yayasan.

“Pihak yayasan sudah taken good agreement dengan pemerintah pusat melalui pihak kementerian. Jadi, pengelolaan dan pertanggungjawabannya ada di yayasan,” jelas Pretty.

Dikatakan Pretty, apabila ada warga yang berkoar-koar ihwal kejelasan pertanggungjawaban dana bantuan  Newmont yang diserahkan ke yayasan, maka harus diperjelas lagi identitas warga yang dimaksud.

“Akan sulit bagi kami jika hanya ada satu atau dua orang warga yang bertanya. Karena selama ini, meski aktivitas penambangan sudah berhenti, kami masih rutin membangun komunikasi dengan masyarakat. Dan setahu kami belum ada yang bertanya-tanya soal dana yayasan,” ujar Pretty.

Pretty pun mengarahkan agar persoalan dana yayan baik yang dikelola YPBSU, YMR dan YRB untuk ditanyakan langsung ke masing-masing pengurus yayasan. “Silahkan konfirmasi ke pengurus yayasan. Yang pasti sepengetahuan kami seluruh dana yayasan diaudit dan dilaporkan setiap tahunnya,” tutup Pretty sedikit tersenyum.

 

(RulanSandag)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

four × 1 =