BeritaManado.com

Ini Kata Nugie Tentang Kota Bitung

October 11
14:30 2017
Talkshow lingkungan

Talkshow lingkungan

 

Bitung – Aktivis lingkungan Agustinus Gusti Nugroho atau lebih dikenal dengan nama Nugie menilai, Kota Bitung dimata dunia seperti sebuah berlian yang semakin berkilau.

Untuk itu, duta WWF ini berharap kaum muda Kota Bitung dapat memulai gaya hidup sehat, mencintai lingkungan dan dapat menggunakan media sosial dalam mendukung gerakan gerakan pelestarian lingkungan.

“Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari lingkungan, terutama kaum muda yang penuh dengan inovasi dan kreatif,” kata Nugie saat menjadi salah satu narasumber dalam talkshow tetang lingkungan di Sat Kamla VIII Kota Bitung beberapa waktu lalu.

Duta lingkungan ini mengaku, menyatu dengan alam, membuatnya mendapat inspirasi. Ada karya-karya yang ia ciptakan mengenai keadaan lingkungan.

Hal itu bukan tanpa alasan, menciptakan lagu yang bisa menginspirasi dan mengajak orang lain untuk sama-sama peduli lingkungan menjadi prioritasnya.

“Kalau jalan-jalan untuk kegiatan bertema lingkungan menurut saya itu sangat inspiratif. Banyak banget karya musik saya soal lingkungan. Terakhir ini 2009, lagu saya judulnya “Mulailah dari Diri Sendiri,” katanya.

Selain Nugie, hadir juga sebagai narasumber dalam acara itu Duta Yaki Indonesia, Khouni Lomban Rawung dan aktivis lingkungan Kota Bitung, Ferdy Epang Pangalila yang juga menjadi Wakil Kepala Sekolah Sungai Kota Bitung.

Dihadapan ratusan warga Kota Bitung, Khouni mengaki masih terus berjuang melawan perburuan liar satwa endemik yang saat ini masuk kategori hampir punah yaitu Yaki.

“Peran Yaki dalam menjaga hutan sangat penting. Yaki adalah spesies kunci untuk konservasi alam. Perburuan Yaki sampai saat ini masih terjadi,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 menyatakan konsekuensi atas perburuan Yaki yaitu lima tahun penjara dan denda 100 juta rupiah.

“Maka daripada itu mari kita jaga bersama kelestarian hewan endemik ini, dan apabila ditemukan perburuan Yaki mari kita laporkan ke pihak yang berwenang,” katanya.

Epang sendiri memaparkan, Sekolah Sungai adalah sebuah komunitas sekolah yang bertujuan untuk menyadarkan semua pihak akan pentingnya sungai, hutan, gunung dan laut bagi kehidupan manusia sehingga kelestariannya harus kita jaga.

“Tujuannya yakni mengajak atau menggugah kaum muda agar ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Talkshow itu dipandu presenter Metro TV, Vivi Yahya.(abinenobm)

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment