BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Frans Torar Akui Tidak Mudah Wujudkan Swasembada Hortikultura di Minahasa

November 15
13:01 2018

 

Cabe Minahasa yang pernah menembus Pasar Induk Keramatjati Jakarta beberapa tahun lalu

 

Tondano, BeritaManado.com — Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Frans Torar mengakui bahwa tidak mudah untuk mewujudkan swasembada komoditi hortikultura di Kabupaten Minahasa.

Seperti halnya upaya pengembangan komoditi cabe, bawang merah dan bawang putih memang mendapatkan dukungan langsung dari APBN, akan tetapi pemerintah tak jarang menemui kendala di lapangan.

“Hal itulah yang membuat harapan untuk mewujudkan swasembada cabe, bawang merah dan bawang putih di Minahasa dirasakan cukup sulit, apalagi melakukan eksport. Khusus cabe yang dulunya sempat booming, saat ini tetap dilakukan pengembangan,” ungkap Torar.

Ditambahkannya, kedepan memang pemerintah akan menerapkan program-program strategis di bidang pertanian dan tentu diharapkan setidaknya Minahasa dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

“Jika kebutuhan untuk konsumsi masyarakat lokal sudah terpenuhi, barulah kita berpikir untuk melakukan apa yang namanya eksport ke luar daerah,” ujarnya kepada BeritaManado.com, Kamis (15/11/2018).

 

(Frangki Wullur)

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

6 − 1 =