BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Ini Alasan Kawasan Megamas Dikelilingi Kapal Perang dan Prajurit TNI

July 18
16:09 2018

 

 

Kapal perang berlabuh di Teluk Manado

 

 

Manado, BeritaManado.com — Kawasan Megamas Manado pada Rabu (18/7/2018) terlihat ramai oleh prajurit TNI dan sejumlah kapal perang yang ada di Teluk Manado.

Ternyata keramaian tersebut disebabkan oleh pelaksanaan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada II.

Apel Gelar Pasukan dalam rangka latihan tersebut dilaksanakan langsung di kawasan Megamas Manado dengan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II Laksma TNI Erwin S Aldedharma bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Letkol Laut (P) M Catur Sulistyo sebagai Komandan Upacara.

Dalam kegiatan tersebut, Laksma TNI Erwin S Aldedharma membacakan amanat Panglima Koarmada II Laksda TNI Didik Setiyono SE MM yang intinya menjelaskan pelaksanaan latihan ini merupakan bentuk implementasi tugas-tugas TNI sebagai alat pertahanan negara sebagaimana diamanatkan dalam UU No 34 TA 2004 Tentang TNI.

“Pentahapan latihan TNI terdiri dari gladi Mako yang diikuti tahap serta demonstrasi di laut,” ujar Erwin.

Diketahui, dalam pelaksanaan manuver lapangan sebagai aplikasi cara bertindak pada latihan kesiapsiagaan Operasional Koarmada II TA 2018 kali ini diikuti 650 personil terbagi atas unsur laut dari TNI AL dan instansi samping serta dibantu oleh beberapa unsur pesawat udara.

Adapun beberapa materi latihan yang dilaksanakan meliputi Maritime Interdiction Ops Drill Tempur Darat, Evakuasi Medis Udara dan Prisoner Handlingnya.

“Hal-hal tersebut akan dijadikan acuan dalam menyusun dan merevisi rencana operasi yang berkelanjutan dengan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan satuan samping,” tambah Erwin.

Tujuan pelaksanaan latihan ini yaitu menguji kesiapsiagaan operasional Koarmada II dalam melaksanakan tugas mengatasi berbagai bentuk ancaman.

Sasaran latihan adalah untuk meningkatkan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada II dan jajarannya dalam merespon setiap ancaman yang muncul, demikian juga dengan tingkat penguasaan teknik, prosedur dan mekanisme dalam mengatasi ancaman-ancaman tersebut, diikuti dengan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan instansi pemerintah dan non pemerintah.

Turut hadir, Danguspurlatim Laksma TNI Erwin S Aldedharma, Dir Dok Kodiklat TNI beserta Tim Wasdal dan penilai, Danlantamal VIII diwakili Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Budi Purnama SPi MAgr, para perwira Lantamal VIII yang ditunjuk mendukung giat latihan, dan perwakilan Bea Cukai.

Peserta upacara diikuti TNI AL gabungan Lantamal VIII, Kopaska, Diskes Lantamal VIII, POMAL Lantamal VIII, Yonmarhanlan Bitung, Polairud Polda Sulawesi Utara, Basarnas Provinsi Sulut dan PSDKP (Pangkalan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) Kota Bitung.

Apel gelar pasukan

(***/srisurya)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

eleven + 1 =