BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Begini Pentingnya KIA Menurut Kadis Corneles Mononimbar

October 17
20:37 2018

Kadis Dukcapil Minsel, Drs Corneles Mononimbar

 

Amurang, BeritaManado — Program Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP Anak akhirnya mulai akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) setelah di-Launching pada Rabu (17/10/2018).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minsel, Drs Corneles Mononimbar, pemberlakuan KIA sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 2 Tahun 2016 mengenai Kartu Identitas Anak.

“Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik. KIA juga merupakan upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia,” tutur Corneles Mononimbar.

Dijelaskannya, KIA untuk anak yang berusia 0 hingga sebelum usia 17 tahun, diharapkan memudahkan anak dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan.

“KIA bisa digunakan sebagai data identitas ketika membuka tabungan di bank, juga untuk mendaftar BPJS dan mempermudah proses pembuatan dokumen keimigrasian,” tambah Corneles Mononimbar.

Untuk persyaratan membuat KTP anak, haruslah memiliki akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan melampirkan foto ukuran 2×3.

“Dukcapil Minsel, baru akan melaksanakan KIA dikarenakan sudah memiliki blanko dan peralatan untuk pencetakan, sehingga tidak akan mengganggu pencetakan E-KTP,” pungkas Corneles Mononimbar.

(TamuraWatung)

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

18 − seventeen =