BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

ML Denny Tewu: Seharusnya Sulut Bisa Maksimalkan Listrik Terbarukan

November 07
12:24 2018

Dr. ML Denny Tewu SE, MM

 

Manado – Infrastuktur strategis yang harus dimiliki suatu daerah agar bisa berkembang adalah energi. Pembangunan di era mendatang, listrik memegang peranan yang sangat penting.

Sulut daerah yang melimpah dengan energi, khususnya energy terbarukan, seperti gas alam, aliran sungai, angin, panas matahari, ombak dan sebagainya.

Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang besar ini bila dimanfaatkan maksimal pasti akan berdampak pada pembangunan di segala bidang.

ML Denny Tewu, calon DPD RI 2019-2024 daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara, menyampaikan pandangannya perihal energi yang merupakan salah satu misinya dalam perjuangannya di DPD RI kelak.

Namun, Doktor Manajemen Bisnis Akuntansi ini melanjutkan, sayangnya Sumber Daya Alam itu belum diolah secara maksimal sehingga sampai saat ini pasokan listrik Sulut masih disewa dari kapal listrik Turki.

“Masih ada daerah-daerah tertentu khususnya di kepulauan yang belum menikmati aliran listrik dari PLN, sehingga kalau hanya menggunakan generator tentu terbatas pemanfaatannya,” jelas Denny Tewu.

“Kalau bicara anggaran untuk pembangunan listrik terbarukan seperti angin maupun matahari, tentu perlu melakukan lobi-lobi politik kepada Pemerintah Pusat. Kalau daerah lain bisa dapat harusnya Sulut juga bisa disubsidi,” tambah Denny.

Bila dipercayakan sebagai DPD, kata dosen Magister Manajemen UKI, Jakarta ini, maka perjuangan untuk mendorong potensi-potensi yang ada di Sulut dengan melakukan lobi-lobi politik dan mediasi tentu dapat dilakukan.

Perjuangan itu tentunya untuk mendapatkan perhatian baik dari Pemerintah Pusat maupun investor agar menghasilkan industri-industri baru yang semakin berkembang, bahkan bisa menghasilkan untuk pertumbuhan ekonomi Sulut lebih baik lagi.

“Semua itu tentunya demi kemandirian ekonomi daerah sehingga bisa survive sekaligus juga untuk kepentingan peningkatan devisa negara ke depan,” tandasnya.

(***Admin/JerryPalohoon)

 

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

four × 5 =