BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Manfaatkan e-Boarding Pass, Penumpang Garuda Tak Perlu Lelah Antri di Bandara Sam Ratulangi

September 21
15:11 2018

 

GM Bandara Sam Ratulangi dan GM Garuda

 

 

 

Manado – Calon penumpang Garuda Indonesia yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado kini tidak perlu lagi mengantri untuk mendapatkan boarding pass karena mulai hari Jumat (21/9/2018), para calon penumpang dapat menggunakan e-boarding pass yang didapat setelah melakukan proses web check in.

 

Para Calon Penumpang yang tidak membawa bagasi hanya perlu menunjukkan kartu identitas serta e-boarding pass dari ponsel kepada petugas untuk selanjutnya dapat langsung menuju ruang tunggu.

 

“Jadi saat ini calon penumpang maskapai Garuda Indonesia yang tidak membawa bagasi, tidak perlu cetak boarding pass seperti biasanya. Calon penumpang yang sudah melakukan web check-in dan mendapat e-boarding pass, hanya perlu menunjukkan e-boarding pass di ponsel dan kartu identitas kepada petugas untuk selanjutnya langsung menuju ruang tunggu keberangkatan,” ungkap Minggus ET Gandeguai selaku General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado.

 

 

Layanan e-boarding pass hasil sinergi antara PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi dengan Maskapai Garuda Indonesia ini berisi semua rincian penerbangan dan sebuah barcode yang akan di scan di bandara.

 

 

Beberapa maskapai dan bandara di Indonesia telah mengaplikasikan layanan pass masuk pesawat yang berbentuk elektronik (e-boarding pass) ini dengan tujuan untuk mengurangi antrian di check-in counter, mengurangi penggunaan kertas, dan juga mempermudah calon penumpang yang tidak mempunyai bagasi untuk dapat langsung menuju boarding gate.

 

 

Uji coba penggunaan e-boarding pass maskapai Garuda Indonesia ini sendiri telah dilakukan sejak hari Rabu (19/9/2018) di Bandara Sam Ratulangi dan secara resmi mulai diimplementasikan pada Jumat (21/9/2018).

 

 

“Secara sistem dari internal kami sudah siap termasuk pelaksanaan sosialisasi kepada seluruh petugas operasional kami terkait penggunaan e-boarding pass ini. Tentunya hal ini sebagai bagian dari upaya kami meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa, kedepan saya berharap agar maskapai lainnya juga mengaplikasikan program e-boarding pass ini di Bandara Sam Ratulangi Manado,” kata Minggus.

 

 

Garuda Indonesia telah memiliki layanan lapor diri mandiri (self-service check-in) yaitu Web dan Mobile Check in yang dapat digunakan oleh calon penumpang untuk melakukan proses check-in sebelum tiba di bandara.

 

 

Calon penumpang Garuda Indonesia dengan rute Domestik sudah dapat melakukan lapor diri mandiri (self-service check-in) pada periode check in 24 – 2 jam sebelum keberangkatan.

 

 

Calon penumpang yang telah melakukan check-in melalui Web atau Mobile Check-in akan mendapatkan tanda bukti lapor diri berbentuk e-boarding pass dalam beberapa bentuk file, yaitu file pdf yang dikirimkan melalui email serta e-boarding pass yang dikirimkan melalui SMS/ Wallet Smartphone penumpang.

 

 

File e-boarding pass yang telah dimiliki dapat digunakan sebagai dokumen penerbangan tanpa harus mencetak kembali dalam bentuk hardcopy (kertas).

 

 

(***/sri)

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

eighteen − 13 =