BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Ini Keunikan Silsilah Keluarga Besar Mandagi Sonder

October 23
03:54 2018

 

Silsilah Keluarga Mandagi Sonder/Rambunan dari keturunan Laurentius Mandagi-Merry Kawulur

 

Langowan, BeritaManado.com — Silsilah keluarga merupakan suatu mata rantai yang akan terus bertambah seiring dengan keturunan yang akan dilahirkan melalui keluarga-keluarga yang terkait, termasuk salah satunya yaitu Keluarga Besar Mandagi yang ada di Sonder.

Menurut Buku Silsilah Mandagi yang  ditulis Willy Mandagi tahun 1999, bahwa di seluruh wilayah terotorial tanah Minahasa ada tiga orang bermarga Mandagi yaitu Daniel Mandagi (isteri Tentji Londa), Johanes Mandagi (isteri Johana Igir) dan Johan Mandagi (isteri Matina Laoh), masing-masing hidup di tahun 1800-an.

Sebagaimana tertulis dalam buku berjudul Sejarah, Diaspora dan Silisilah mandagi/e karya Dr Ir Joutje A Koapaha Paputungan PhD (2018) bahwa dari hasil penelitiannya Daniel Mandagi merupakan anak dari sepasang Keluarga berkebangsaan Belanda yaitu van Lewen, sementara Johanes Mandagi dan Johan Mandagi belum diketahui.

Dari perkawinan Johan Mandagi dengan Martina Laoh, lahirlah tujuh orang anak yaitu Servius Mandagi, Serafin Mandagi, Laurentius Mandagi, Lambertus Mandagi, Alfret Mandagi, Petrus Mandagi dan Dionisius Mandagi.

Letak keunikan silsilah keluarga Mandagi ada pada anak ketiga Laurentius Mandagi dan cucu Ambrosius Mandagi, dimana seluruh anak-anaknya memiliki nama yang diawali dengan huruf “A”.

Laurentius Mandagi yang menikah dengan Merry Kawulur di Sonder dikaruniai 13 orang anak yaitu:

  1. Ambrosius Mandagi
  2. Akta Benedikta Mandagi
  3. Antonius Frans Mandagi
  4. Alexius Joseph Mandagi
  5. Alfonsus Mandagi
  6. Agustinus Benediktus Mandagi
  7. Aldegonda Mandagi
  8. Athanasius Felix Mandagi
  9. Alorius Mandagi
  10. Andreas Silvanus Mandagi
  11. Amerlina Mandagi (Sr. Joseo di Makassar)
  12. Albertina Theresia Mandagi
  13. Antolena Mandagi

Keunikan tersebut rupanya diikuti oleh anak keempatnya yaitu Alexius Joseph Mandagi yang menikah dengan Sofia Pioh di Desa Rambunan, dimana keluarga ini dikaruniai enam orang anak yang namanya diawali dengan huruf “A”:

  1. Alberta Mandagi
  2. Adolf Johanis Mandagi
  3. Adelin Josephine Mandagi
  4. Andreas Mandagi
  5. Amerlina Benedictus Mandagi
  6. Ambrosius Lorens Lorry Mandagi

Belum diketahui pasti apa alasan seluruh nama-nama tersebut diawali dengan huruf “A”, namun salah satu anak dari Antonius Frans Mandagi-Maria Mintje Sangkay yaitu Adolphina Mandagi bahwa kemungkinan alasan orangtua memberikan nama dengan awalan huruf “A” itu agar mudah disebut dan diingat.

“Yang pasti ada alasan tersendiri mengapa sampai semua kakak beradik dari ayah saya itu namanya diawali dengan huruf pertama dari susunan alphabet. Demikian juga dengan adik dari ayah saya yang melakukan hal yang sama kepada keenam anaknya,” ucapnya.

 

(Frangki Wullur)

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

eighteen − 6 =