BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

7 Oleh Oleh Banyuwangi yang Wajib Anda Beli

July 06
12:14 2018

 

Banyuwangi Map

Banyuwangi Map

 

Jika Anda sedang atau akan berlibur ke tempat-tempat wisata di Banyuwangi (baca selengkapnya di website ini), jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi.

Bila Anda bingung harus membeli apa atau belum tahu apa saja oleh oleh Banyuwangi, di bawah ini ada daftar oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda beli sebagai bingkisan untuk keluarga Anda.

  1. Sale Pisang

Banyuwangi merupakan kota pisang, oleh karena itu banyak masyarakat yang mengolah pisang-pisang di sana menjadi sale pisang dan menjualnya sebagai oleh oleh Banyuwangi.

Sale pisang merupakan pisang yang dipotong-potong dengan ketebalan tertentu lalu dijemur hingga kandungan air di dalamnya hilang dan pisang menjadi kering.

Setelah kering, pisang dilumuri beberapa macam tepung kemudian digoreng.

  1. Rengginan

Oleh oleh Banyuwangi berikutnya yang perlu Anda beli adalah rengginan. Rengginan merupakan nama lain dari rengginang. Di beberapa tempat di Jawa Timur, Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, orang-orang menyebut kerupuk yang terbuat dari nasi yang dikeringkan ini dengan nama rengginan.

Bila Anda memiliki kemenakan/saudara yang masih kecil dan doyan makan camilan yang gurih, maka Anda bisa memberinya rengginan karena rasanya yang renyah, gurih, tanpa bahan pengawet dan tidak mengandung perasa buatan.

  1. Untir-Untir

Bagi Anda yang menyukai camilan sejenis kue, maka ada oleh oleh Banyuwangi yang wajib Anda beli yaitu Untir-Untir.

Untir-Untir adalah kue yang terbuat dari tepung terigu. Adonannya dibentuk menjadi lonjong dengan panjang tertentu. Setelah itu adonan tersebut akan dipuntir/dipilin kemudian digoreng.

Untir-Untir memiliki tekstur yang renyah, tetapi terkadang Anda akan menemukan Untir-Untir yang cukup keras dan sulit digigit.

  1. Kue Bagiak

Oleh oleh Banyuwangi berikutnya masih dari keluarga kue,  yaitu kue Bagiak.

Sekilas namanya terdengar mirip dengan sepatu yang terbuat dari kayu alias bakiak.

Namun pemberian nama kue bagiak tidak ada kaitannya sama sekali dengan bakiak. Bentuknya pun tidak mirip dengan bakiak.

Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung sagu dan tepung garut yang dicampur dengan susu, kelapa yang disangrai dan kayu manis.

Kue Bagiak berbentuk lonjong dan agak pipih. Mungkin bila Anda baru pertama kali memakannya, Anda akan berpikir karena rasanya sedikit aneh karena terdapat rasa manis yang didapatkan dari gula pasir, gurih yang didapatkan dari susu dan kelapa sangrai serta aroma wangi yang didapatkan dari kayu manis.

Namun jika Anda sudah memakannya untuk kali kesekian, percayalah bahwa Anda akan ketagihan dan ingin membelinya lagi.

  1. Ladrang

Mencari oleh oleh Banyuwangi yang gurih dan cocok untuk camilan kapanpun? Jika begitu Anda perlu membeli Ladrang.

Ladrang adalah keripik yang terbuat dari ubi jalar ungu atau yang di Banyuwangi dikenal dengan nama sabrang.

Ladrang berbentuk stik ada yang berwarna ungu ada pula yang berwarna putih.

Untuk ladrang yang berwarna ungu berarti bahan pembuatannya dari ubi jalar ungu, sedangkan ladrang yang berwarna putih hanya dibuat dari tepung saja tanpa tambahan ubi ungu atau sabrang.

  1. Kerupuk Rumput Laut

Barangkali Anda sudah tahu, sering melihat bahkan pernah memakan rumput laut yang dijadikan keripik dan dijual di minimarket dan supermarket di Indonesia.

Namun bagaimana dengan kerupuk rumput laut?

Kerupuk rumput laut berbeda dengan keripik rumput laut. Jika keripik rumput laut berbentuk pipih dan berwarna hijau, maka kerupuk rumput laut tampak seperti kerupuk pada umumnya.

Untuk kerupuk rumput laut mentah biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp.70.000/kg. Sedangkan harga kerupuk yang sudah matang bisa lebih mahal.

  1. Pia Glenmore

Pia atau bakpia memang terkenal sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta, tetapi Pia Glenmore merupakan oleh oleh Banyuwangi yang wajib Anda beli.

Apa yang menjadikan pia khas Banyuwangi berbeda dengan pia khas Jogja?

Pia khas Banyuwangi memiliki ukuran yang besar seperti donat/bakpao. Isinya pun beragam tidak hanya kacang hijau, keju, cokelat dan durian. Pia Glenmore bahkan memiliki isi daging ayam, kurma,  pisang keju dan nanas.

Harga Pia Glenmore di toko oleh oleh Banyuwangi umumnya dipatok mulai dari Rp.30.000/box. Satu box isi 10-12 pia.

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

seventeen + 5 =