BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Hasil Karya Adolf Kainde Tak Pernah Dapat Penghargaan ?

November 06
20:27 2018

 

Alm. Adolf Kainde dan Lambang Daerah Kabuapten Minahasa

 

Manado, BeritaManado.com — Lambang daerah Kabupaten Minahasa sudah mendunia dengan segala kebanggan yang telah dirasakan, baik yang tinggal di tanah Minahasa sendiri maupun yang sedang dalam perantauan.

Namun latar belakang siapa aktor dan kreator lambang daerah Minahasa itu mungkin banyak yang belum mengetahuinya, termasuk mereka yang sangat mengidolakan lambang daerah untuk berbagai hajatan.

Menurut penelusuran BeritaManado.com beebrapa hari terakhir langsung kepada keluarga terdekat dari sang pencipta lambang daerah Adolf Kainde, ternyata ada pengakuan mengejutkan dari sang isteri Stella Montolalu.

Ditanya apakah almarhum yang telah meninggal dunia sejak tahun 2.000 lalu itu pernah mendapatkan hadiah atau penghargaan atas hasil karya tersebut, sang isteri Stella Montolalu menanggapinya dengan santai.

“Soal hadiah hingga saat ini hanya janji saja, namun tidak pernah didapat. Tapi itu tidak menjadi masalah buat kami keluarga almarhum. Yang ada justeru kami bangga bisa berkontribusi bagi daerah Minahasa,” ujar Stella Montolalu, Selasa (6/11/2018).

Saat ini, isteri almarhum Adolf Kainde berdomisili di Kompleks Perumahan PDK Jalan Sea Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Adapun hasil karya almarhum Adolf Kainde tersebut lahir dari sebuah sayembara lambang daerah di tahun 1968, dimana pada masa itu pemerintahan dipegang oleh Bupati JH Rumambi (1966-1969).

Namun demikian, masih ada pihak lain yang begitu mengetahui informasi tentang Adolf Kainde dan hasil karyanya berupa lambang daerah Kabupaten Minahasa langsung merespon positif, yaitu pemerhati sejarah dan budaya Minahasa Irjen Pol (Purn) Benny J Mamoto.

“Saya berterima kasih atas informasi dari BeritaManado.com tentang tokoh yang menjadi pencipta lambang daerah Kabupaten Minahasa. Nanti saat peresmian Wale Manguni di Kompleks Yayasan Institut Seni Budaya Sulawesi Utara, belian akan saya masukkan dalam nominasi penerima penghargaan,” kata Mamoto.

 

(Frangki Wullur)

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

19 + sixteen =