BeritaManado.com

Aliansi Jurnalis Minahasa Terbentuk

August 13
17:04 2017

 

Pengurus inti Aliansi Jurnalis Minahasa (AJiM)

Pengurus inti Aliansi Jurnalis Minahasa (AJiM)

 

Kawangkoan – Komunitas wartawan dengan nama Aliansi Jurnalis Minahasa (AJiM) resmi terbentuk pada Sabtu (12/8/2017) kemarin. Berdirinya organisasi ini diprakarsai oleh lima orang wartawan pos liputan Minahasa. Adapun hal mendasar yang menjadi fondasi terbentuknya AJiM yaitu kesamaan persepsi.

Dalam sebuah musyawarah mufakat, Frangki Wullur SE Par dipercayakan sebagai ketua untuk masa bakti 2017 – 2019. Wakil Ketua Ferry Lesar, Sekretaris Herdy Mendur dan Bendahara Happy Walangitan. Sementara anggtoa terdiri dari Fista Tulungen, Frini Momor SPd, Rommy Tangkere, Ricardo Silitonga dan Charles Andries Ukus SH.

Staf Khusus Wakil Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel yang juga seorang wartawan senior menyambut baik atas terbentuknya wadah organisasi wartawan di Minahasa, meskipun hanya dalam ruang lingkup lokal. Sebagai bentuk kepedulian, Gobel berkenan memberikan tiga saran penting untuk turut menjadi acuan dalam menjalankan organisasi kedepan.

Pertama. AJiM harus menyelaraskan berita fakta dengan kontrak berita dengan instansi pemerintah. Berita yang masuk dalam dalam lingkaran kontrak kerap kali dikesampingkan bahkan ada yang dihaspus atau disembunyikan.  Hal tersebut terkait amanah Undang Undang Pers tentang kebebasan pers itu sendiri. Kebebasan pers bukan soal wartawan yang bisa bebas akses berita, namun masyarakat juga punya hak untuk mengetahui berita yang benar.

Kedua. Lakukan edukasi secara familiar tentang jurnalistik yang independen kepada masyarakat dan pemerintah serta pihak swasta. Contoh sederhananya bisa dibuat program pelatihan, agar masyarakat juga dapat memahami apa dan bagaimana dunia jurnalistik itu.

Ketiga. Menjadi sarana untuk mendidik wartawan itu sendiri untuk tetap memiliki sikap independen dan bukan jadi wartawan amplop serta wartawan yang hanya menjadi suara dari peemrintah saja. Dalam menjalankan tugas, seorang wartawan harus mampu megnakomodir kepentingan masyarakat dari semua lapisan.

Pada bagian lain, Wullur yang juga merupakan wartawan media online BeritaManado.com ini mengatakan bahwa sebagai organisasi yang baru terbentuk, tentu masih banyak hal yang harus dilakukan. Utamanya yaitu penyempurnaan administrasi organisasi seperti Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Untuk keanggotaan, kami baru sekitar 10 orang. Meski demikian, soal jumlah personil kami rasa itu bukanlah suatu masalah untuk tidak berkarya. Kami terdiri dari media yang berbeda. Akan tetapi justeru dalam perbedaan itu, satu hal yang disadari bahwa kami sebetulnya punya harapan yang sama dalam berbagai aspek,” tuturnya.

Ditambahkannya, untuk agenda-agenda organisasi kedepan nanti diatur kemudian. Yang jelas dalam waktu dekat ini kami akan segera menggelar pertemuan untuk merancang program kerja sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan legalitas organisasi. Dengan demikian semua kegiatan organisasi akan diakui oleh semua pihak. (***/findamuhtar)

 

Perintis berdirinya Aliansi Jurnalis Minahasa

Perintis berdirinya Aliansi Jurnalis Minahasa

 

Berikut ini ucapan selamat dan harapan relasi dan mitra AJiM:

Robby Dondokambey

Kandidat Bakal Calon Bupati Minahasa:

“Lanjut. Smeoga sukses”

 

Ivonne Andries SIP

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Minahasa:

“Banyak selamat. Kiranya melalui wadah ini, semua anggota akan mampu menunjukkan integritas, jujur dalam menyajikan berita-berita yang akurat. Dengan demikian, pembaca atau masyarakat dapat menerima informasi yang benar. Menjauhkan diri dari pemberitaan yang dapat memecah belah keutuhan berbangsa dan bernegara. Tetap junjung tinggi motto Pahlawan Nasional asal Minahasa Dr Sam Ratulangi yaitu Si Tou Timou Tumou Tou. Selamat berkarya di Tanah Minahasa tercinta”

 

Drs Dharma Patria Palar

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Minahasa:

“Mantap!!! Kiranya dapat memberikan informasi yang jelas, tepat, benar dan seimbang dalam rangka membangun Minahasa bersama komponen anak bangsa lainnya dengan tetap memegang teguh prinsip kode etik jurnalis. Selamat dan sukses”

 

Dicky Masengi

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabuapten Minahasa:

“Maju bersatu untuk Minahasa hebat …!!!”

 

Rommy Leke

Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Minahasa:

“Jadilah jurnalis yang professional imparsial dan berjuang untuk kepentingan rakyat”

 

Lucky Kasenda

Hukum Tua Desa Kanonang Satu:

“Selamat. Jadilah mitra kerja yang mampu menyarakan kepentingan masyarakat”

 

Edwin Pratasik

Sekretaris DPD KNPI Minahasa:

“Selamat atas terbentuknya AJiM. Jadilah corong dalam memberikan berita yang berkualitas dan independen”

 

Kelly Korengkeng

Ketua Pers Minahasa (PersMin):

“Banyak Selamat”

 

Stefen Supit

Owner Toronata Coffee House Kawangkoan:

“Maju terus AJiM. Jujur bersuara untuk amanat hati nurani rakyat”

 

Michelle Dejonker

Wartawan Trans 7:

“Sukses selalu.  Yang terpenting jaga kesehatan”

 

Dr Jerry Massie

Pengamat Politik dan Pemerintahan:

“Keren!!!”

 

Sherly Debby Bukara

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Minahasa:

“Selamat!!! Tuhan Yesus memberkati”

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment