BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Ini Sejarah Singkat Terbentuknya IDRI

September 30
06:44 2015

IDRIIkatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) bermula dari Forum Dosen Muda Indonesia (FDMI) yang dibentuk pada tanggal 26 Maret 2015. FDMI itu sendiri dibentuk oleh Dr (c) Amstrong F Sompotan SSI MSi bersama beberapa dosen muda dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang saat itu sedang melaksanakan studi S3 di Institut Teknologi Bandung.

Keinginan untuk meningkatkan produktivitas dosen melalui kegiatan-kegiatan imiah nampaknya menjadi dasar bagi berdirinya organisasi yang menghimpun seluruh dosen muda di Indonesia. Menghimpun anggota dilakukan melalui media sosial facebook sebagai sarana komunikasi.

Berawal dari tukar pikiran dan berbagi pengalaman melalui grup, jumlah anggota terus bertambah menjadi sekitar 11.000 dosen hanya dalam waktu 6 bulan. Namun sejalan dengan perkembangan di lapangan, akhirnya FDMI menjadi Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI), guna mengakomodir kepentingan dosen di seluruh tanah air tanpa batasan usia.

IDRI sendiri didirikan dihadapan Notaris RR Dewi Setyo Anggraini SH MKn. Hal tersebut merupakan hasil kesepakatan Rapat Badan Pendiri pada Senin (21/9/2015) lalu di bandung. Angota Badan Pendiri adalah Dr (c) Armstrong F Sompotan SSi MSi (Dosen Universitas Negeri Manado), Dr Dwiza Riana SSi MM MKom (Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta), Dr (c) HJ Diah Kusumawaty SSi MSi (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia).

Selain itu ada juga Dr Efri Mardawati (Dosen Universitas Padjadjaran Bandung), Dr (c) Kustiati (Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak), Dr Kasbawati (Dosen Universitas Hasannudin Makasar), Dr (c) Riries Rulanningtyas (Dosen Universitas Islam Bandung), Dr (c) Muladi SSI MSi (Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak), Dr (c) Dian Utami Sutiksno SE MSi (Politeknik Negeri Ambon) serta Dr (c) Keukeu Kaniawati Rosada SSI MSi (Dosen Universitas Universitas Tanjungpura Pontianak)

IDRI dibentuk untuk mempermudah serta mempercepat pelaksanaan Undang-undang yang telah mengakui kedudukan dosen sebagai tenaga profesional, lewat kegiatan-kegiatan ilmiah seperti Seminar dan Konferensi Ilmiah, Publikasi Jurnal Ilmiah, Penerbitan Buku Ilmiah serta Pelatihan/Workshop kegiatan Ilmiah.

Tujuannya yaitu meningkatkan produktivitas dosen, membantu meningkatkan kompetensi, memajukan profesi serta karir dosen. Yang tak kalah pentingnya yaitu kehadiran IDRI diharapkan menjadi sarana untuk mengangkat martabat serta memperjuangkan hak dan kewajiban dosen.

Dalam kiprahnya kedepan, IDRI diharapkan mampu mengurangi kesenjangan kesejahteraan dosen antar Perguruan Tinggi dan Kementerian dengan memberikan perlindungan hukum dan profesi seluruh dosen Indonesia

IDRI dideklarasikan pada Selasa (29/9/2015) di Gedung Rektorat Lantai 10 Universitas Trunojoyo Madura Jalan Raya Kamal PO BOX 02 Kamal-Bangkalan Madura. (frangkiwullur)

 

 

 

 

Ads




2 Comments

  1. alfian December 13, 21:40

    Congratulation,,semoga forum ini dapat bermamfaat dan saling tukar info buat seluruh dosen di tanah air ini

    Reply to this comment
  2. iggy October 01, 10:31

    Selamat dan semoga sukses !

    Reply to this comment

Write a Comment

three − one =