Boroko, BeritaManado.com – Pemerintah Kabupaten Bolmut tampak terus berupaya menargetkan lahirnya anak cerdas dan berkualitas dikemudian hari.

Upaya itu dapat dilihat dari berbagai kegiatan penguatan yang diberikan kepada bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di 106 desa dan 1 kelurahan di kabupaten Bolmut.

Seperti melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan peran bunda PAUD desa/kelurahan se-kabupaten Bolmut yang diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) di Gedung Randy Grand Palace, Desa Langi, Kecamatan Bolangitang Barat, Rabu (14/6/2022).

Kegiatan itu pun tampak di apresiasi Bupati Bolmut Depri Pontoh.

Sebab, menurut Depri, PAUD yang berkualitas tentunya harus didukung oleh tenaga kependidikan yang berkualitas pula.

“Untuk itu kegiatan ini sangat bernilai positif. Dengan harapan bahwa bimtek yang akan kita laksanakan hari ini adalah suatu inventasi peningkatan pendidikan mutu paud dan inovasi kualitas paud ke arah yang lebih baik,” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

Lebih jauh, kata Depri, semua tujuan yang akan kita capai tentu membutuhkan dukungan semua pihak, yang salah satu dukungan adalah peningkatkan peran bunda PAUD dari tingkat nasional sampai ke tingkat desa dan kelurahan sebagai motor penggerak nasional.

Untuk itu, bunda bunda paud harus memiliki kompentensi dan sebuah wadah pendidikan yang bisa menambah ketrampilan mengajar serta medidik anak anak paud.

“Karena, paud merupakan langkah awal yang menjadi penentu keberhasilan anak bangsa dalam dunia pendidikan,” urainya.

Melalui forum ini, dirinya pun mengapresiasi atas inovasi yang telah di ciptakan oleh Dikbud yang diberi nama Bergerak Bersama Bunda Paud Desa (Burasa).

“inovasi ini tentunya sebagai wujud untuk mendukung program pemerintah daerah dalam menangani pencegahan stunting pada anak usia dini serta meningkatkan (APK) anak usia dini,” kuncinya.

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari dengan harapan seluruh peserta Bimtek dapat mensosialisasikan materi pada setiap pertemua yang ada di desa.

(Nofriandi Van Gobel)




Bagikan: