Rektor Unsrat Prof Berty Sompie berbincang-bincang dengan para insan pers di aula rektorat, Kamis (6/6/2024).

Manado, BeritaManado.com – Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU ASEAN Eng, mengajak para insan pers untuk turut membangun universitas lewat karya jurnalistiknya.

Ajakan ini diungkapkan rektor saat tatap muka dan berbincang santai dengan para jurnalis, aula Rektorat Unsrat, Kamis (6/6/2024).

“Silaturahmi ini sangat saya rindukan, bukan karena ada sesuatu, tapi memang sudah saatnya. Lewat momen ini saya mengajak teman-teman jurnalis untuk bersama-sama membangun Unsrat,” ungkapnya Rektor Berty Sompie, didampingi Humas Unsrat, Max Rembang dan Philep Regar.

Rektor dengan gamblang mengungkap harapannya agar para jurnalis tidak hanya mengabarkan hal yang baik saja, tetapi juga hal yang mungkin kurang mengenakkan.

“Ini maksud ajakan saya membangun Unsrat. Saya pribadi tidak hanya ingin mendengar yang baik-baik saja, tetapi hal yang harus diperbaiki juga perlu saya dengar, baik itu di tingkat universitas maupun fakultas,” pungkas Prof Berty Sompie.

Rektor mengatakan bahwa pribadi dirinya bukanlah anti kritik, selama itu sesuai kenyataan di lapangan, apalagi jika itu kritik yang konstruktif.

“Asalkan itu dilakukan sesuai aturan dan kode etik jurnalistik, terkonfirmasi dan berimbang, serta tidak tendensius dan menyerang pribadi,” tandasnya.

Sebagaimana dirinya yang seorang insinyur, rektor sering menitipkan pesan kepada para mahasiswanya, yakni “Anda Boleh Berbuat Salah, tapi Anda Tidak Boleh Berbohong”.

“Artinya jika itu salah maka kita masih bisa perbaiki, asalkan kita tidak boleh berbohong. Jadi silakan kritik yang penting sesuai fakta dan bukan berita bohong tanpa konfirmasi,” tegasnya.

(jenlywenur)




Bagikan: