BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Batu Ini Sita Perhatian Disbudpar Minahasa

February 10
19:10 2019

Watu Tumotowa Tongkimbut

Kawangkoan, BeritaManado.com — Pada umumnya, watu tumotowa konon ceritanya pada zaman para leluhur orang Minahasa hidup di zaman dahulu merupakan simbol atau tanda berdirinya sebuah kampung.

Pada umumnya, watu tumotowa yang terdapat di Kabupaten Minahasa bentuk dan ukurannya beragam, ada yang pipih, agak bulat dan hampir tidak pernah terlihat yang mempunyai ukiran.

Namun apa yang ditemukan di Kawangkoan, Minggu (10/2/2019) pagi saat BeritaManado.com melakukan perjalanan ke Tomohon, di seberang kanan jalan terlihat batu yang berdiri tegak lurus setinggi kurang leboh 1 meter dan diameter 80 centimeter.

Batu tersebut mempunyai ukiran seperti manusia pada keempat sisi batu layaknya yang biasa dilihat di waruga, namun batu tersebut bukanlah waruga.

Menurut pemerhati budaya Bode Talumewo, jenis batu tersebut dinamakan watu tumotowa tongkimbut.

Sementara itu, informasi tersebut langsung menyita perhatian dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa.

Kepala Bidang Kebudayaan Melisa Rondonuwu mengatakan bahwa pihaknya belum memiliki data dan informasi tentang batu tersebut sebelumnya.

“Secepatnya kami akan meninjau langsung lokasi dan mencari informasi sekilas mengenai keberadaan watu tumotowa tongkimbut itu,” ujarnya. (Frangki Wullur)

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

2 × three =