BeritaManado.com

Tawaran Amerika Serikat Bangun Pabrik Boeing Memerlukan Kajian

September 04
15:24 2017
Menteri PAN dan RB Asman Abnur menyerahkan piagam penghargaan sebagai peserta terbaik I kepada Bart Assa

PETER ASSA ketika menerima piagam penghargaan dari Kementerian PAN-RB beberapa waktu lalu

 

Manado – Memantapkan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Manado, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), menggelar konsultasi publik di Ballroom Sintesa Peninsula Hotel, Manado, akhir pekan lalu.

Kepada BeritaManado.com, Senin (4/9/2017), Kepala Dinas PUPR mewakili Walikota Manado, Peter Karl Bart Assa ST MSc PhD, mengatakan agenda konsultasi publik dalam rangka revisi RTRW telah lama ditunggu, agar peninjauan kembali terhadap rencana tata ruang segera dilaksanakan, mengingat Kota Manado sedang dihadapkan pada kondisi pertambahan penduduk dan perkembangan ekonomi yang tinggi, ditandai dengan adanya berbagai gangguan termasuk munculnya titik kemacetan diberbagai tempat.

“RTRW yang pernah disepakati pada tahun 2014 lalu tidak lagi sesuai dengan kondisi saat ini sehingga harus segera dilaksanakan perubahan sesuai dengan kebutuhan agar kota bisa bergerak dan berkembang,” ujar Kadis PUPR Peter Assa, menirukan sambutan Walikota Vicky Lumentut.

Lanjut Peter Assa, penyesuaian terhadap dokumen RTRW yang ada diperlukan, dimana ada proses dan tahap demi tahap yang harus dilewati, yang sudah diatur dengan perundang-undangan yang berlaku diikuti peninjauan kembali oleh tim penyusun.

Pertemuan tersebut minimal bisa menghasilkan rumusan penting bagi kepentingan masyarakat dan tata ruang yang tepat. Sementara tawaran kerjasama dan usulan dari Amerika Serikat dalam rencana pembangunan pabrik sparepart pesawat Boeing di Kota Manado masih memerlukan kajian mendalam khususnya kesiapan tata ruang.

“Yang pasti perlu kajian lebih mendalam dalam penyiapan tata ruang dan tentu diharapkan adanya pertimbangan kajian tentang ruang-ruang wilayah yang baru. Termasuk juga soal adanya program strategis nasional Kota Baru di wilayah Kecamatan Mapanget dalam mengantisipasi kebijakan pembangunan nasional,” pungkasnya.

Kegiatan dihadiri, pimpinan dan perwakilan Lembaga, Dinas, Badan Pemerintahan dan Swasta se-Kota Manado, tim penyusun Rencana Tata Ruang Wilayah Dinas PUPR Kota Manado, Camat dan Lurah se-Kota Manado, Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Sialagan SIK, Kasdim 1309/Manado Mayor Inf Masdin Karmas, Ketua DPRD Kota Manado Dra Noortje Van Bone, Wakil Ketua DPRD Kota Manado Richard Sualang SE, anggota DPRD Kota Manado Reynold Heydemans dan Sarifudin Saafa ST, unsur Sekdaprov Sulut Hery Korah, dan stake holder lainnya. (srisurya)

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment