BeritaManado.com

Sulut Digoyang Gempa Bumi Tektonik 4,5 Skala Richter

March 14
23:19 2018
Titik Gempa

Titik Gempa

 

 

BeritaManado – Sulawesi Utara diguncang gempa bumi berkekuatan 4,5 SR Rabu, (14/03/2018), pukul 22:26:06 WITA, tepatnya di wilayah Bitung dan sekitarnya.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi terletak pada koordinat 1.29 LU dan 125.55 BT, atau di laut Maluku pada jarak 50 km arah tenggara Kota Bitung, Propinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 4 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berpotensi dirasakan di Manado dan Bitung dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI).

Meski demikian, Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet, S.T, M.Si. memastikan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku yang menunjam ke arah baratlaut pada Sangihe Trench.

“Hingga pukul 21.49 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di sekitar wilayah Bitung dan Manado dihimbau agar tetap tenang karena gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya kepada BeritaManado,com.

 

 

(rds)

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

15 − 10 =