BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Lagi, AGC Kenalkan Fasilitas Pengolahan Mineral Bebas Merkuri

June 11
00:20 2018

Staf AGC sementara memperlihatkan cara kerja dari fasilitas bebas merkuri.

Minut – Artisanal Gold Council (AGC) pada Maret lalu telah sukses menggelar Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS).
Kini mereka kembali perkenalkan pengolahan mineral bebas merkuri, lewat acara Open House, Jumat (8/6/2018) kemarin, di Tatelu, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Turut hadir, pemerintah desa Tatelu, pimpinan dan anggota koperasi Batu Emas Tatelu, para penambang, dan komunitas lokal yang berada di sekitar fasilitas. Acara yang berlangsung dari siang hingga sore tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat penambang agar mengenal lebih jauh tentang PERS.

“Dalam kegiatan kali ini, AGC juga ingin mengajak masyarakat untuk melihat langsung peralatan pengolahan mineral bebas merkuri di fasilitas tersebut,” kata humas AGC, Mariska Estelita.

Tambahnya, PERS sendiri merupakan program peningkatan pembangunan sektor komunitas Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) diwilayah program Indonesia. Pun tujuannya untuk meningkatkan kualitas mata pencaharian, lingkungan, dan kesehatan.

“Program AGC didanai oleh Global Affairs Canada (GAC) dan bekerjasama dengan pemerintah Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, staf teknis AGC, Yolanda Hantari selaku pengantar setiap masyarakat yang datang di lokasi menjelaskan, bahwa fasilitas pengolahan emas, bebas merkuri dan sianida.

“Singkatnya tujuan pembangunan fasilitas pengolahan emas skala kecil berbasis lingkungan di Tatelu adalah untuk tempat pembelajaran bagi masyarakat sekitar terutama untuk penambang. Bahkan fasilitas itu, kita semua bisa berbagi ilmu tentang metode pengolahan emas yang ada di Tatelu dengan menggunakan metode gravitasi dan flotasi,” terangnya.

(***Anes Tumengkol)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

two + seven =