BeritaManado.com

Diterbangi Garuda, Miliki 3 Hotel Bintang 4, Pariwisata Luwuk Siap Booming

September 13
11:14 2017
luwuk

Kota Luwuk (Google Maps)

 

Luwuk– Booming pariwisata yang lagi melanda dua wilayah utama Indonesia Timur seperti Manado dan Raja Ampat, ternyata ikut mendorong lahirnya destinasi daerah baru seperti kawasan Kota Luwuk, Kabupaten Banggai di Provinsi Sulteng.

Yah, wilayah yang kini menjadi daerah produksi kedua gas LNG terbesar di Indonesia itu, dipastikan akan segera mengalami booming pariwisatanya.

Menurut Bupati Kabupaten Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo, wilayah Kabupaten Banggai memiliki aneka potensi wisata bahari seperti Kilo Lima, Pulo Dua dan kawasan Pulau Tinalapu yg berdekatan dengan Kepulauan Togean.

Belum lagi potensi alam pegunungan dan budayanya.

“Daerah kami sangat kaya potensi obyek wisatanya,” kata Herwin dan Mustar atau yg dijuluki WinStar ini.

Bahkan dari sisi amenities, saat ini kata keduanya, Kabupaten Banggai sudah memiliki tiga hotel berbintang kwalitas bintang empat yakni Estrella atau yang dulu Aston, lalu ada Santika Hotel dan Swissbell Luwuk.

Bahkan untuk aksesibility, lanjut kedua pemimpin yg dicintai rakyatnya ini, Kabupaten Banggai sudah memiliki sejumlah penerbangan dari Jakarta melalui Makassar seperti Garuda, Lion dan  Srwijaya.

Bahkan, pada Jumat (15/9/2017)  nanti, Garuda Indonesia akan memulai penerbangan langsung Manado ke Luwuk.

Sebelumnya, Manado ke Luwuk hanya diterbangi Wings Air dua kali sehari.

Wakil Bupati Mustar Labolo sendiri akan mengikuti penerbangan perdana Garuda dari Manado ke Luwuk. Bersama dia ikut rombongan Banggai Tourism Board (BTB) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai.

Sementara, menurut Thaty Aryati B Laha selaku Sekretaris BTB didampingi Halid Kasim Wakil Ketua BTB, pengembangan pariwisata Kabupaten Banggai akan digenjot seiring telah lancarnya akses penerbangan Luwuk dari dan ke kantong-kantong turis di Indonesia Timur seperti Manado, Bali dan Lombok serta Jakarta.

Makanya pada Kamis (15/9/2017) ini kata Thaty Aryati B Laha, BTB secara khusus memboyong Wakil Bupatinya untuk road show dan bersinerji dengan Kota Manado, Provinsi Sulut yang kini lagi booming pariwisatanya.

Kebetulan, kata Thaty, Ketua BTB adalah Dino Gobel yang juga adalah juga dipercayakan saat ini sebagai Staf Khusus Wagub Sulut dan Kordinator Satgas Pariwisata Sulut.

“Ketua BTB ikut mengarahkan kami bersinerji dengan Provinsi Sulut,” katanya sembari menambahkan, Kami ingin belajar bagaimana pengelolaan turis sampai hebat begini di Sulut.

“Gubernur, Wagub dan Walikota Manado nya bisa bekerjasama bagus sampai ada ledakan turis asing dan ditunjang iven iven seperti Manado Fiesta yang kami di Sulteng mendengar bahwa acara itu sangat sukses. Insya Allah Luwuk akan menjadi bagian sinerjitas pengembangan pariwisata Indonesia Timur dengan Manado sebagai hub nya,” kata Thaty didampingi Tinny Wong, Sekretaris Kadinda Kabupaten Banggai. (rds)

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment