BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Dihadiri Wabup Helmud Hontong, Pemkab Gelar Lelang Sarang Burung Walet

April 17
21:34 2018

Sangihe, BeritaManado.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar lelang Sarang Burung Walet. Dimana, sarang burung walet ini merupakan hasil Masyarakat dari Pulau Kalama Kecamatan Kepulauan Tatoareng, bertempat di ruang serbaguna Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sangihe, Selasa (17/4/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE, Asisten I Drs Dirgahayu Mandiangan, Kepala Bagian Ekonomi Jeffry Lombo S Sos, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Dewi Makagansa dan masyarakat Pulau Kalama.

Sambutan Asisten I Drs Dirgahayu Mandiangan mengatakan, pelaksanaan lelang sarang burung walet kali ini berbeda, karena kualitasnya lebih bagus dan diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat Kalama.

“Kualitas Sarang burung walet ini sangat bagus berbeda dengan sebelumnya. Karena kualitasnya bagus, maka kami berharap harga lelang sarang burung walet juga bisa bagus. Termasuk harga yang ditetapkan agar bisa naik,” kata Mandiangan.

Selanjutnya Wabup Helmud Hontong SE juga mengatakan  dengan mengalami kenaikan harga, kiranya kita sekalian dapat memberikan harga yang bagus.

“Kami berharap para peserta lelang agar memberikan harga yang bagus, karena harga sarang burung walet saat ini mengalami kenaikan menjadi 49/Kg. Dan tentu semuanya sesuai proses dan aturan serta ketentuan yang berlaku,”jelas Hontong.

Terpisah Kabag Ekonomi Jeffry Lombo S Sos menjelaskan, untuk pembagian hasil lelang sarang burung walet tentunya mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku selama ini.

“Hasilnya setelah dipotong pajak yakni 60 persen bagi masyarakat yang mengelola sarang burung walet. Sedangkan 40 persen masuk dalam kas daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tuturnya.

Setelah melalui 3 proses putaran. Alhasil dimenangkan oleh Sam Abu dari Palu, yakni senilai Rp 7.375.000. Selanjutnya dari berat kotor sarang burung walet 49 Kg tersebut dibersihkan, lalu memperoleh berat bersih seberat 44,01 Kg.

(Christian Abdul)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

four + 2 =