BeritaManado.com

Bawaslu Sulut Bekali 36 Personil Panwascam se-Mitra

November 12
22:16 2017
Foto bersama Komisoner Bawaslu Sulut dan Panwaslu Mitra dengan Panwascam se-Mitra

Foto bersama Komisoner Bawaslu Sulut dan Panwaslu Mitra dengan Panwascam se-Mitra

Ratahan, BeritaManado.com – Diawali dengan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Jobby Longkutoy, sebanyak 36 personil Panwascam se-Mitra langsung dibekali dengan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Bawaslu Sulut, Sabtu (11/11/2017) di Gren Garden Ratahan.

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda dalam materinya berkaitan dengan divisi SDM, menegaskan masalah jati diri dan integritas Panwascam sebagai pengawal demokrasi.

Menurut Herwyn, sebagai bagian dari Bawaslu, Panwascam harus bekerja penuh waktu, bertanggungjawab serta berpedoman pada ketentuan perunda-undangan yang berlaku.

“Tugas bapak ibu cukup berat, integritas harus dijaga. Sudah harus ada batasan-batasan, sebab tugas kerja-kerja kita selalu berhadapan dengan begitu banyak mata. Benar atau tidak yang kita lakukan, kita tetap tidak akan disukaui,” ujar Herwyn.

Beratnya tugas sebagai penegak demokrasi, Herwyn pun memberikan kesempatan kepada 36 personil Panwascam untuk mengundurkan diri jika tidak bersedia bekerja sepenuh waktu dalam mengawasi seluruh tahapan baik pemilu maupun pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Kalo ada yang tidak siap menjadi Panwascam, silahkan menyampaikan pengunduran diri,” tegas Herwyn.

Komisoner Bawaslu Sulut Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Mustarin Humagi SHI, membawakan materi tentang potensi pelanggaran pemilu dan alur penanganan pelanggaran dalam tahapan pemilihan kepada daerah tahun 2018, Pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019.

“Tugas kita cukup berat dengan adanya undang-undang nomor 7 tahun 2017. Karena itu, kapasitas harus diutamakan, tentunya dengan memperbanyak pengetahuan perundang-undangan sehingga menjadi satu kekuatan,” tegasnya.

Sementara itu, komisioner Pawaslu Mitra Dolly Van Gobel yang membawakan materi tentang pengawasan secara tegas meminta seluruh Panwascam untuk bekerja secara maksimal dalam mengawasi setiap tahapan pemilu dan pemilihan.

“Selain mengawasi, Panwascam berkewajiban untuk melakukan pencegahan. Jalankan tugas kalian dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, apalagi dalam membuat laporan pengawasan masing-masing divisi serta dalam melakukan kajian atau analisa dalam sebuah laporan dugaan pelanggaran,” pesan Dolly.

 

(rulan sandag)

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment