BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Pemkot Cuek Kasus Trafficking

June 29
12:28 2011

BITUNG — Ketua LSM Pusat Penanggulangan Informasi KDRT, Trafficking dan Perlindungan Anak (Puspikta) Kota Bitung, Merry Supit membantah jika selama ini Pemkot Bitung telah mengambil bagian dalam menekan angka kasus trafficking.

“Sampai saat perhatian Pemkot Bitung terhadap kasus trafficking belum maksimal, karena hanya satu dua pejabat saja yang peduli. Itupun hanya sebatas pribadi saja, bukan institusi,” kata Supit, Selasa (28/06).

Supit juga mempertanyakan program sosialisasi yang dilakukan Pemkot Bitung dalam menekan kasus trafficking, karena menurut dirinya program tersebut belum pernah ia jumpai. Baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan dan kepala lingkungan, Supit mengaku belum pernah melihat ada sosialisasi.

“Selama ini saya selalu berkeliling dan belum pernah mendapati pihak kecamatan atau kelurahan ataupun kepala lingkungan melakukan sosialisasi kepada warga soal trafficking. Jadi saya nilai peran Pemkot Bitung belum maksimal,” jelas Supit.

Sementara itu, Kasubag Humas Pemkot Bitung, Erwin Kotu membantah apa yang dikatakan Supit. Karena menurut Kontu, Pemkot Bitung saat ini tetap memberikan perhatian terhadap trafficking bahkan menurutnya kasus tersebut adalah prioritas karena Bitung adalah kota pelabuhan yang jelas-jelas sangat rawan.

“Dalam setiap kesempatan wali kota selalu ingatkan tiap camat, lurah dan kepala lingkungan untuk menghimbau warganya soal trafficking, jadi tidak benar jika Pemkot Bitung belum maksimal,” kata Kontu.

Tak hanya itu, malah menurut Kontu, program Siskamling yang saat ini sementara digalakkan juga bertujuan untuk mencegah trafficking. Karena lewat siskamling, warga dapat memantau para pendatang yang bertujuan untuk mencari korban dengan iming-iming tawaran kerja dengan gaji tinggi.(en)

 

 

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

one × 4 =