BeritaManado.com

Kemacetan Manado Makin Parah, Ini Dua Solusi Menurut Bart Assa

October 01
22:53 2017
Kemacetan parah di ruas Manado-Interchange

Kemacetan parah di Kairagi Satu (ruas jalan Manado-Bitung)

 

Manado – Belakangan ini, status akun media sosial masyarakat baik di Facebook maupun Instagram dipenuhi dengan keluhan soal macetnya kota Manado yang makin parah, terutama di ruas jalan-jalan utama.

Rupanya hal ini pun membuat Bart Assa Ph.D, salah satu akademisi di Sulawesi Utara mengutarakan pendapat pribadinya di akun facebook miliknya.

Kepada BeritaManado.com, Bart menjelaskan, ada dua solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi kemacetan di kota Manado, yaitu Upaya Jangka Panjang (UJPg) dan Upaya Jangka Pendek (UJPk).

Dijelaskannya, yang dimaksud dengan Upaya Jangka Panjang (UJPg) adalah dengan mengalihkan secara berangsur moda transportasi dari angkot ke moda massal seperti city train dan bus.

“Selain itu, harus membangun banyak ruas jalan baru dalam kota yang didukung dengan jaringan drainase jalan berwawasan eco-hydraulic sebagai jalan alternatif, termasuk overpass, underpass persimpangan dan jalan layang,” ujar Bart.

Sementara, lanjutnya, Upaya Jangka Pendek (UJPk) dilakukan melalui upaya merubah perilaku pengguna jalan dan disertai dengan  pelaksanaan rekayasa lalu lintas secara tepat.

“Hal itu termasuk pembatasan usia kendaraan dan strategi pajak tinggi untuk kendaraan bermotor usia tua,” tambahnya.

Meski demikian, Bart pun mengingatkan, kedua solusi tersebut memiliki sisi kekuatan dan kelemahan masing-masing, diantaranya UJPg memerlukan biaya yang sangat besar dan harus mendapat dukungan masyarakat seperti sopir angkot untuk alih profesi -minimal alih trayek-, dan pemilik lahan untuk rela mengorbankan sebagian lahan tanahnya untuk dibebaskan, tentu dengan dukungan dan kolaborasi pendanaan APBN, APBD dan Investor (KPS=Kerjasama Pemerintah dan Swasta), sedangkan UPJk tidak banyak biaya yang dibutuhkan tetapi perlu semangat kebersamaan dan strategi yang baik dalam pelaksanaannya.

“Solusi yang terbaik akan terlaksana dengan baik  tentu bilamana UPJg dan UPJk bisa secara simultan dan serius dijalankan,” tutupnya. (srisurya)

 

Bart Assa

Bart Assa, PhD

 

Baca juga berita terkait kemacetan di Kota Manado:

 

 

2 Comments

  1. Atap UPVC Jakarta October 03, 14:23

    Kemacetan memang manjadi permasalahan utama kota besar, kemacetan ini bisa menjadi masalah serius karena dapat mempengaruhi tingkat stress warga kota.

    Reply to this comment
  2. Atap UPVC Jakarta October 03, 14:21

    Kemacetan sudah menjadi permasalahan utama bagi kota-kota besar. Alangkah baiknya jika pemerintah setempat dapat lebih serius mengatasi kemacetan karena biasanya kemacetan akan berdampak [ada tingkat stress warganya.

    Reply to this comment

Write a Comment