BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Gubernur Sulut Lantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud

July 21
22:55 2009
Dr. Elly Engelbert Lasut ME

Dr. Elly Engelbert Lasut ME

TALAUD – Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang atas nama Menteri Dalam Negeri, Selasa 21/07 melantik Dr. Elly Engelbert Lasut ME dan Drs. Constanti Ganggali, ME sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud-Sulawesi Utara periode 2009-2014.

Pelantikan tersebut dilakukan dalam sidang paripurna DPRD Talaud yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Talaud Ben Alotia. Bagi Elly Lasut ini adalah periode yang kedua kali secara berturut-turut  menjadi Bupati di kabupaten yang daerahnya berbatasan dengan negara tetangga Pilipina itu. Proses pelantikan berjalan mulus tanpa hambatan yang berarti.

Meskipun sebelumnya dikabarkan adanya penjagaan superketat oleh pihak keamanan, yang kemudian diklarifikasi warga bahwa banyaknya aparat keamanan di daerah tersebut karena terkait dengan kebijakan pengamanan nasional untuk antisipasi  ancaman teroris.

Perjalanan karier politik Elly Lasut diawali sebagai  ketua DPD Partai Golkar Talaud, kemudian menjadi Ketua DPRD Talaud yang pada akhirnya mengantar dirinya menjadi Bupati Talaud pertama di daearah kabupaten baru itu. Pada saat pelantikan Bupati Talaud yang pertama, penjagaan keamanan yang dilakukan tergolong super ketat, maklum saat pemilihan banyak benturan-benturan yang dialami dengan beberapa saingan politiknya saat itu.

Namun justru hal itulah yang kemudian memotivasi dirinya untuk membuktikan kepada wara Talaud bahwa meskipun dirinya adalah Minahasa tapi punya komitmen sungguh-sungguh dan memeiliki keseriusan yang tinggi membangun Talaud yang pada waktu itu baru dimekarkan dari daerah kabupaten induknya yaitu kabupten Sangihe.

Upaya serius membangun Talaud yang dilakukan  selama 5 tahun, ternyata memunculkan rasa simpati mendalam dari warga Talud, yang kemudian dibuktikan dengan dukungan suara mayoritas saat pilkada Talaud akhir 2008 lalu. Elly Lasut mempunyai seorang isteri bernama Telly Tjanggulung yang juga adalah Bupati dikabupaten Minahasa Tenggara – Sulawesi Utara. Penganut agama Katolik ini dikenal sebagai seorang umat yang taat beribadah.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang mengharapkan agar Bupati terpilih memperhatikan pulau-pulau tak berpenghuni untuk mengantisipasi masuknya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Namun pernyataan menarik disampaikan oleh Bupati Elly Lasut bahwa pihaknya telah memperhatikan pulau-pulau terluar dari kemungkinan terburuk masuknya teroris tetapi patut diwaspadai justru masuknya teroris melalui jalur kekeluargaan.

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

6 + 2 =