BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

DBD Mewabah, Dinkes Bitung Ajak Perangi Sumber Nyamuk

January 21
20:30 2019
Sosialisasi Dinkes di sekolah

Bitung – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Bitung terus mensosialisasikan penyebaran virus DBD yang saat ini lagi mewabah.

Buktinya, Senin (21/01/219), Dinkes menggelar sosialisasi di sejumlah sekolah di Kota Bitung.

Menurut Kepala Dinkes Pemkot Bitung, dr Frangky Soriton, sosialisasi di sekolah-sekolah dan masyarakat umum terus dilakukan untuk mencegah meningkatnya kasus DBD dan penyakit menular lainnya di Kota Bitung.

“Pengamatan terhadap penyakit-penyakit menular termasuk DBD dilakukan setiap hari melalui progran surveilans. Kampanye aktif dilakukan ketika ada peningkatan kasus seperti sekarang. Informasi dan layanan DBD atau Posko silahkan menghubungi Puskesmas setempat,” kata Franky.

Untuk itu dirinya menghimbau masyarakat melakukan tindakan pencegahan yaitu 3 M yakni, Menguras tempat tempat penampungan air satu kali seminggu, Menutup rapat-rapat tempat penampungan air dan Menimbun barang-barang bekas yang bisa menampung air hujan.

Plus kata dia, menaburkan bubuk abate ditempat penampungan air, tentukan setiap rumah ada satu orang pemantau jentik dan fogging adalah penebaran racun serangga yang berbahaya bagi manusia, dilakukan sebagai langkah terakhir, efektifitasnya hanya 7-10 hari.

“Pastikan bahwa rumah dab halaman kita bebas jentik nyamuk. Jika ada anggota keluarga demam, segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat,” katanya.

(*/abinenobm)

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

three × 4 =