BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Berapa Laju Pertumbuhan Penduduk dan Ekonomi Tomohon? Simak Data Ini

February 12
22:37 2016

Tomohon

TOMOHON, beritamanado.com – Berbagai kemajuan mengiringi perkembangan Kota Tomohon yang belum ini telah membilang usia 13 tahun. Di usiannya yang masih mudah ini, tanpa terasa populasinya juga telah menyentuh angka 103.506 jiwa.

Angka tersebut ternyata dipengaruhi oleh laju pertumbuhan penduduk sebesar 1.99 persen dimana dari data ini menunjukkan bahwa Tomohon berada pada tingkat klasifikasi kota sedang dan berdasarkan tingkat perkembangan masuk dalam kategori kota polis yaitu suatu daerah yang berkembang menjadi kota yang masih memiliki sifat agraris. Disebut agraris karena sebagian besar penduduk Kota Bunga (julukan lain Tomohon) ternyata bermata pencarian petani.

Untuk saat ini, pertumbuhan ekonomi naik dari 6,09 persen menjadi 6,22 persen dengan PDRB nomimal yang menembus angka 2,6 triliun. Adapun untuk APBD sekitar 645 miliar. Di tahun 2016 ini, ekonomi optimis bergeliat dinamis dan bergairah seiring stimulus berbagai kegiatan berskala besar yang menimbulkan dampak pertumbuhan seperti pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016.

Selanjutnya untuk angka harapan hidup mencapai 72,95 tahun. Hal ini menunjukkan indikator derajat kesehatan yang baik dengan pola hidup bersih dan sehat. Dalam bidang infrastruktur jalan yang sudah di aspal sampai tahun 2015 mencapai 355,21 kilometer seta jalan usaha tani yang telah terbangun pada tahun 2015 sepanjang 3.8 kilometer.

“Tentu di tahun 2016 ini akan terus kita tingkatkan pembangunan yang ada di segala bidang dengan berpatokan pada filosofi semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini,” Kata Kabag Humas dan Protokol Pemkot Tomohon Fransiskus Lantang SSTP. (ray)

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

6 + 13 =