BeritaManado.com

Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan, HERRY ROTINSULU: Mencegah Lebih Baik

September 13
11:14 2017
Kepala Dinas Kehutanan Sulut Ir Herry Rotinsulu.

Kepala Dinas Kehutanan Sulut Ir Herry Rotinsulu.

 

Airmadidi-Musim panas tak jarang menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Olehnya Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulut Ir Herry Rotinsulu berpesan agar selurh masyarakat dapat berhati-hati.

“Kalau mau membakar sampah harus berhati-hati. Bagi yang berkebun, jangan membuka lahan dengan cara membakar lahan. Panas panjang seperti sekarang apalagi cuaca berangin, maka semakin berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” pesan Rotinsulu di sela-sela Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulawesi Utara 2017, Selasa (12/9) di lapangan kantor Bupati Kabupaten Minahasa Utara.

Rotinsulu menambahkan, beberapa wilayah yang rawan kebakaran seperti di areal hutan Kota Bitung, Hutan Klabat Minut dan kebun menuju areal Likupang, Gunung Soputan, dan Bolmong.

“Kalau sudah terbakar, sangat sulit untuk dikendalikan. Makanya mari kita lakukan kegiatan pencegahan,” tambahnya.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdaprov Sulut Ir Edwin Silangen MSi, mengatakan tujuan apel ini adalah salah satu bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinam bahaya bencana kebakaran Hutan dan lahan.

Penghargaan dan apresiasi diberikan kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sulut dan jajarannya dan Bupati Minut serta jajarannya atas terlaksananya apel kesiapsiagaan ini.

“Hutan adalah penyerasian dan penyeimbang kehidupan juga tempat berlindung keaneka ragaman hayati oleh karenanya harus diurus,dikelola dan dilindungi sebaik-baiknya dan perlu kepedulian juga untuk keberlangsungan hidup generasi yang akan datang,” ujar Silangen.

Lebih lanjut, kepada seluruh pemangkujabatan dan pemangku kepentingan agar selalu berkoordinasi dan selalu siap siaga dalam mencegah kerusakan dan kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis dari Dinas Kehutanan kepada perwakilan masing-masing pasukan peserta apel yang diserahkan oleh Forkopimda Provinsi serta dilanjutkan dengan Atraksi simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Selain Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, ikut hadir, Kadis Kehutanan Prov Sulut Ir Herry Rotinsulu,Ketua DPRD Berty Kapoyos, Dandim 1310 Letkol Deden Hendayana SE, Paban Ops Lantamal VIII/Manado Letkol Laut EJ Sumapouw, Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, Kajari Minut Rustiningsih SH M Si, Kepala PN Airmadidi Agus Tjahjo Mahendra SH MH, SekdaMinut Ir Jemmy Hengky Kuhu MA, Kepala Basarnas Sulut Budi Cahyadi, Kepala BMKG Sulut Tri Cahyo, Mewakili Danlanudsri Manado Kapten Kal Ismar Galih.(findamuhtar)

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment