BeritaManado.com

Duh !!! REINER OINTOE Sebut Sub Tema Paskah 2017 Tidak Relevan Dengan Tema Torang Samua Ciptaan Tuhan

April 21
12:05 2017
Tema dan Sub Tema Paskah 2017

Tema dan Sub Tema Paskah 2017

 

Manado – Torang Samua Ciptaan Tuhan (We Are All Created By God) adalah tema Paskah 2017 yang digelar di Kota Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara,  21-25 April 2017.

Sementara sub tema: Ziarah Keadilan dan Perdamaian (Pilgrimage On Justice and Peace).

Menurut budayawan, Reiner Emyot Ointoe, sub tema: Ziarah Keadilan dan Perdamaian tidak relevan dengan Torang Samua Ciptaan Tuhan.

Pasalnya, menurut Reiner Ointoe, kata “ziarah” yang digunakan berarti kita tinggal menengok “kuburan” keadilan dan perdamaian yang entah wafatnya kapan.

Lanjut Reiner Ointoe, mestinya pengusul sub tema ini harus memahami bahasa yang tepat untuk mengusung sejarah kerukunan yang sudah terbangun sejak abad ke-19 di provinsi Sulawesi Utara.

“Saya sudah sedikit mendalami bagaimana sejarah budaya kerukunan itu tumbuh dan bukan hal yang harus “diziarahi”. Tapi, harus dirayakan secara aktual. Kalangan awam tentu akan bertanya, bukankah “ziarah” itu suatu tradisi dalam mengenang para pahlawan, khususnya di Hari Kemerdekaan dan Hari Pahlawan,” jelas Reiner Ointoe kepada BeritaManado.com, Jumat (21/4/2017). (JerryPalohoon)

 

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment