BeritaManado.com

Sekdis, Sekban dan Sekcam Pemkot Tomohon Bakal Dievaluasi

July 14
15:42 2017

Sekdis

TOMOHON, beritamanado.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc memimpin rapat koordinasi bersama para sekretaris dinas (sekdis), sekretaris badan (sekban) dan sekretaris kecamatan (sekcam) Pemkot Tomohon, Jumat (14/07/2017).

Dalam penjelasannya, Lolowang menegaskan rapat ini dalam rangka memberikan pemahaman tentang fungsi utama sekdis, sekban dan sekcam seperti merumuskan kebijakan yang digariskan kepala dinas, kepala badan dan camat. Kemudian menyelenggarakan koordinasi administratif untuk para kepala bidang, kepala seksi dan kepala sub keuangan dalam rangka menunjang kebijakan kepala dinas, kepala badan dan camat dalam bidang teknis SKPD.

“Ketiga memberikan layanan administrasi kepada kepala dinas, kepala badan dan camat dalam bidang teknis perangkat daerah. Keempat, melaksanakan tugas tambahan umum tertentu yang diberikan oleh walikota kepada sekda dan diteruskan kepada kepala derangkat daerah terakhir, melaksanakan tugas tambahan khusus yang spesifik disandang perangkat daerah yang diberikan oleh walikota kepada sekda dan diteruskan kepada kepala perangkat daerah,” tegasnya.

“Untuk mudah diingat, saya bantu buatkan cara cepat untuk menghafal semua yaitu dengan menggunakan jembatan keledai (jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan). Jembatan keledai sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal agar terbentuk kalimat dengan arti yang menarik atau masuk di akal) yaitu RUKE (peRUmusan KEbijakan) – KORAD (KOoRdinasi ADministratif) – PELA (PELayanan Administrasi) – TTU (Tugas Tambahan Umum) – TTK (Tugas Tambahan Khusus),” ujarnya.

Menariknya Lolowang mengungkapkan akan mengevaluasi kinerja sekdis, sekban dan sekcam dengan cara menggunakan angket kepada para kepala perangkat daerah, pemantauan pelaksanaan kegiatan melalui media sosial whatsapp para sekretaris dan indikator kehadiran 90 persen dari para staf di perangkat daerah masing-masing yang merupakan inidikator kuat kemampuan manajerial sekdis, sekban dan sekcam serta evaluasi yang sama juga akan dilaksanakan terhadap para kabid dan kasie.

“Hasil evaluasi ini akan saya jadikan bahan untuk pertimbangan Baperjakat dalam penentuan lanjutan, bahan masukan kepada walikota, penilaian keseimbangan antara tupoksi dan TTP dan penilaian keseimbangan antara kinerja dan intergritas,” tutup Lolowang.

(ReckyPelealu)

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment