BeritaManado.com

SEHAN LANDJAR Persoalkan Statemen STEVEN KANDOUW, Pengamat: Pemimpin harus Saling Memahami Gaya Berkomunikasi

August 12
00:48 2017
WAGUB STEVEN KANDOUW

WAGUB STEVEN KANDOUW

 

Manado – Pernyataan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven Kandouw, yang menyebut Bupati Bolmong Timur, Sehan Landjar “Maniso” memaksakan membangun RSUD di Boltim, menurut pandangan pengamat politik, Taufik Tumbelaka, hal tersebut merupakan gaya komunikasi seorang pemimpin.

“Setiap pemimpin memiliki gaya yang berbeda dalam menyampaikan sesuatu atau gaya berinteraksi. Wagub Steven Kandouw punya gaya tersendiri begitu juga dengan Bupati Boltim. Sebetulnya perbedaan gaya komunikasi di antara para pemimpin tidak harus di persoalkan, karena saya yakin di antara mereka sudah saling memahami dan memaklumi, dengan kata lain pemimpin harus saling memahami gaya komunikasi masing-masing,” ujar Taufik Tumbelaka kepada wartawan, Jumat (11/8/2017).

Lanjut dikatakan Taufik Tumbelaka, banyak pihak belum paham dan terbiasa dengan gaya komunikasi pemimpin yang tidak kaku seperti gaya seorang Wagub Sulut, Steven Kandouw.

“Masalahnya masih banyak pihak yang belum mengenal, memahami dan terbiasa dengan gaya khas dari para pemimpin, yang akhirnya mereka terkaget-kaget. Padahal gaya komunikasi dari pemimpin tertentu menjadi menarik, karena tidak terjebak dengan kekakuan protoler yang selama ini tergambar dalam benak masyarakat dan itu justru membuat jarak antara pemimpin dan yang dipimpin,” terang Taufik Tumbelaka.

 

B

BUPATI BOLTIM SEHAN LANTJAR

 

Ditambahkan Taufik Tumbelaka, sebaiknya yang perlu menjadi perhatian adalah kinerja seorang pemimpin, bukan gaya komunikasinya.

“Sebenarnya terjebak dalam polemik gaya khas para pemimpin adalah kontra produktif, dalam arti lebih baik fokus saja dalam persoalan kinerja seorang pemimpin apakah berpihak kepada kepentingan masyarakat atau tidak. Kalau soal gaya komunikasi, itu nantinya akan dapat dipahami dan diadaptasi,” pungkas Taufik Tumbelaka.

Diketahui, pernyataan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang menyebut Bupati Bolmong Timur, Sehan Landjar “maniso” memaksakan membangun RSUD di Boltim, langsung mendapat respon balasan.

Dikutip dari Totabuannews.com, Sehan Landjar menyebut kalau Steven Kandow masih miskin kata.

“Karena menurut saya kata maniso kebanyakan hanya di ucapkan oleh laki laki miskin kata,” ujar Sehan Landjar. (***/JerryPalohoon)

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment