BeritaManado.com

Rayakan Hari Kemerdekaan, Pdt. ENGELIN LUMI: Bayar Pajak dan Berikan Persembahan!

August 13
12:45 2017

Tombulu – Masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, pada hari Kamis, 17 Agustus 2017 mendatang.

Kewajiban masyarakat melakukan yang terbaik kepada negara dan Tuhan menjadi tema pembacaan alkitab pada ibadah Minggu (13/8/2017) pagi, di GMIM Alfa-Omega Rumengkor, yang dipimpin Pdt Engelin Sumakul-Lumi MTh, Ketua BPMJ GMIM Imanuel Kamangta.

Pembacaan alkitab Matius 22: 15-22, Tentang membayar pajak kepada Kaisar.

Dijelaskan Pdt Engelin Lumi pada pembacaan alkitab ini, Yesus ingin dicobai oleh orang-orang Farisi dan Herodian dengan suatu pertanyaan, apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?

“Mereka ingin menjebak Yesus, karena jika Yesus membayar tidak boleh membayar pajak kepada Kaisar, maka Yesus akan dianggap melawan pemerintah. Setelah meminta logam dinar sambil menunjukkan gambar Kaisar pada uang tersebut, Yesus berkata: berikan kepada Kaisar yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah yang wajib kamu berikan kepada Allah,” terang Pdt Engelin Lumi.

Lanjut Pdt Engelin Lumi, sebagai warga negara Indonesia, seluruh masyarakat termasuk umat kristiani harus patuh terhadap pemerintah yang digambarkan sebagai Kaisar pada pembacaan alkitab, namun tetap mengikuti kehendak dan perintah Tuhan Yesus Kristus.

“Kita wajib membayar pajak sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah, namun juga menyisihkan sebagian berkat yang diperoleh untuk diberikan kepada Tuhan melalui persepuluhan dan persembahan di rumah ibadah, dengan demikian kita sudah mengimplementasikan arti kemerdekaan Indonesia sesungguhnya melalui sikap hidup yang baik kepada pemerintah dan Tuhan,” tandas Pdt Engelin Lumi. (JerryPalohoon)

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment