BeritaManado.com

PT. Rifan Financindo Berjangka Diduga Tipu Nasabah

August 12
18:16 2011

AMURANG – Dey Lumantow (54), salah satu pengusaha kopra asal desa Matani kecamatan Tumpaan, mengaku tertipu dengan aktivitas PT. Rifan Financindo berjangka yang berkantor di bilangan Boulevard  Mall, Jalan Piere Tendean Kota Manado. Dirinya mengaku menderita kerugian ratusan juta rupiah.

Dijelaskan Lumantow saat dimintai keterangannya di ruang SPK Mapolres Minsel, Jumat (12/08), dirinya terbujuk oleh rayuan staff dari perusahaan yang bergerak di bidang investasi tersebut.

“Sekitar awal Mei lalu, saya didatangi oleh beberapa staff perusahaan itu. Mereka menawarkan investasi itu. Namun sangat ironis dari penjelasan dan realita sangat berbeda. Sepertinya, saya dihipnotis mereka. Maka, sayapun langsung menandatangani semua berkas yang diberikan. Jelas saya sangat merugi, usaha kopra saya bangkrut. Belum lagi saya sedang mengurus suami saya yang sedang stroke. Disaat saya akan minta tarik dana itu selalu saja mereka beralibi. Pokoknya rasanya uang saya tak akan dikembalikan, dengan demikian saya langsung lapor ke Polres Minsel,” ketus Lumantow.

Hal serupa juga terjadi pada Roy Tambingon, warga desa Pondos kecamatan Amurang Barat. “Saya bulan Mei 2011 lalu, didatangi beberapa pegawai dari perusahaan bernama PT Rifan Financindo Berjangka, kemudian mereka menawarkan bisnis investasi, dengan teknisnya saya harus menanamkan modal  sebanyak mungkin. Namun, saya pun harus berinvestasi sebesar Rp 150 juta lebih. Dengan iming-iming akan mendapat untung banyak. Sontak saja saya tertarik, namun realitasnya tidak demikian. Saya malah rugi. Uangnya tidak kembali juga.  Makanya apa yang sudah ditempuh ibu Dey Lumantow melapor ke Polres Minsel. Maka, Sabtu (13/08) besok saya juga akan melapor ke Polres Minsel,’’ ujar Tambingon.

Sama halnya pengakuan Jemmy Rasubala, warga desa Sapa, kecamatan Tenga juga mengalami hal serupa dengan Tambingon dan Lumantow. ‘’Saya juga merugi sekitar Rp 300 juta. Mereka datang banyak kali di rumah saya di Sapa. Dengan berbagai cerita yang menjanjikan itu. Dengan demikian, saya langsung menginvestasikan uang tersebut tanpa melihat untung ruginya. Jadi, saya juga akan datang ke Polres Minsel untuk melapor,’’ sebut Rasubala.

Sementara itu perwakilan PT Rifan Financindo Berjangka di Kawasan Boulevard Mall, Jalan Piere Tendean  Manado, Rahmat saat dihubungi via ponsel oleh wartawan mengatakan, bahwa secara teknis nasabah sudah menandatangani perjanjian, didalam perjanjian tersebut nasabah harus menerima untung rugi dalam berinvestasi di perusahaannya.

“Jadi secara logika jika dalam bermain saham belum tentu kita akan dapat untung, kan ini permainan saham. Bisa saja kita kalah,” ungkap Rahmat.

KBO Reskrim Polres Minsel Ipda Rudi Prabowo saat dihubungi wartawan media ini Jumat (12/08) tadi, membenarkan laporan warga tersebut. (ape)

 

 

 

 

116 Comments

  1. orangbiasa March 04, 08:03

    kalo di rifan, setau kita nasabah hanya diberitahukan yang enak2… dan para trader kurang memberikan edukasi pada nasabah.
    Disini saya leihat trader juga berperan sebagai marketing.
    Sorry yah, kalo setiap transaksu sell-buy yang di lakukan ada fee kepada trader entah si nasabah untung atau merugi.
    lebih baik kalo ada yang mau bermain investasi dibidang ini, lebih baik di tempat lain cth : singapore mereka lebih berkompeten para tradernya.
    owww iya, ada teman yang mau menutup accountnya di rifan, tetapi pihak dari rifan seakan-akan mempersulit tapi kalo ada nasabah baru yang buka account hanya sampai hitungan jam sudah selesai.
    sebaiknya yang ingin masuk di bidang investasi ini sangat2 butuh wawasan pengetahuan (analisa teknikal dan fundamental) bukan emosi ingin cepat kaya.
    Ada teman pernah kerja di situ dia bilang dari 10 nasabah cuman 1 – 2 yang boleh dikatakan ada untung yang lain dang … ? tau sandiri jo noh :)

    Reply to this comment
  2. rani March 03, 22:40

    q juga kerja di pt. rifan..
    intinya, nasabah jgn serakah dlam bertransaksi..
    itulah gunanya kami ada para trader nasabah.
    tidak mgkin kami membuat nasabah merugi, toh kan kami yg bakalan dibantai sama nasabah (dlm arti lucu ngebantai).
    nasabah juga kan perlu nasehat kami apa sell atau buy utk lnsung bertransaksi..
    kalo kami mmbuat untung nasabah, kan tdk menutup kemungkinan si nasabah akn merekomendasikan temannya jga dlam berinvestasi dan si trader nyalah yg memegang nasabah pertama dgn temannya..
    maka dri itu, kita jgn berspekulasi negatif dulu..
    kalo memang penipu, sudah pasti pt. rifan didemo dan dihapuskan
    tapi smpai skrng kok msih tetap beroperasi
    dari sini kan sudah keliatan, kalo pt. rifan perusahaan yg legal.
    maka dari itu, pelajari dulu teknik bermainnya, stelah itu mau bermain atau gak nya tergantung si calon nasabah..
    trim’s

    Reply to this comment
  3. aldo February 10, 18:49

    pt riran itu adalah sebuah perusahaan penipu

    Reply to this comment
  4. yus February 10, 18:02

    maaf sy br d pt.rifan, kl memang perusahaan ini tukang tipu investor knpa bappebti ga ngambil tindakan untuk menutup perusahaan ini. Anda yg berinvestasi seperti harus teliti dan cermati dl lah tentang aturan mainnya, jgn lgsung pengen cpt kaya aja. sy ksh tau caranya kl mau untung trs, anda coba maen poker dl d facebook. Met mencoba….

    Reply to this comment
  5. chika January 23, 11:01

    wooooooooooyyyyy itu smua tergantung investor yg bertransaksi,ga mungkin lah wakil pialang bkin rugi investor,pasti smua mau untung.makanya klo treding tu ambil lot nya jgn banyak2,cukup 1 atau 2lot aja,balik lagi tu smua tergantung investor yang SERAKAH maunya untung malah buntung jgn salahin PT nya doooooonnnkkkk…..dan yg pasti PT RIFAN BUKAN PENIPUAN.

    Reply to this comment
    • hani April 03, 17:10

      yap betul mbak , terkadang nasabah nya melakukan metode sendiri bukan mengikuti kehendak broker padahal jelas broker menggunakan teknikal dan fundamental sedangkan metode dari nasabah hanya kehendak metode nafsu biar mendapatkan keuntungan besar , akhirnya buntung . dan akhirnya broker dan perusahaan yg di tuduh.

      Reply to this comment
  6. Luar-sulut January 20, 03:11

    Kasiang dorang so bekeng bodok orang2 di kampung.
    Mustinya pemprov iko bantu kase penerangan ttg resiko2 investasi model trading bagini supaya masyarakat dapa info berimbang..
    Kalu so tau kong masih mo investasi noh tanggung sandiri, karna bisnis bagini memang legal di Indonesia.

    Reply to this comment
  7. NTC January 19, 21:25

    Saya baru coba akun demo di Rifan dari 11 Januari kemarin. WPB mengingatkan untuk sabar dan jangan serakah, dan jangan main dengan jumlat lot yang banyak, cukup 1 atau 2 lot saja. hasilnya…. saya bisa untung 27jt per 18 januari kemarin. Kelihatannya menjanjikan… tapi saya belum mau invest sebelum yakin cukup punya pengetahuan untuk bermain trading. Satu hal lagi, faktor psikologi akan bermain kalau nanti akan invest… dan itu yang saya waspadai…. Buat temen-2 yang mau main trading…, pastikan untuk coba bermain dulu menggunakan akun demo…., uji semua skenario dan pelajari hasilnya. Semoga beruntung… :)

    Reply to this comment
  8. papanialo January 04, 13:25

    @raldy ada bro. namanya BAPPEBTI – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi. badan itu juga bertugas mengawasi semua perusahaan pialang. lihat aja kasus maxgain yg dicabut izinnya oleh bappebti.
    klo mau gabung jdi nasabah silahkan hubungi myonlinejob92@gmail.com

    @manguni haha. u’re right bro.

    Reply to this comment
  9. manguni scalper December 30, 19:14

    Hahahahahaahahaha…. rifan itu perusahaan besar yg terdaftar di bapepti jd legal… singkat kata seharusnya nasabah yg harus trading bknnya trader di rifan makanya edukasi itu perlu dilakukan sblm trading……

    Klo soal modal sebenarnya 10$ sj bisa..
    Hahahahaa nd ada yg tau pasar mo gerak kmn makanya pendidikan jg pengetahuan yg benar hrs diberikan pd nasabah jg hny keuntungan sj yg dikasih tau… msh banyak hal Tp singkat kata hny 10% yg bs bertahan di dunia trading….

    Reply to this comment
  10. Raldy Wang December 30, 13:05

    apakah lembaga2 pemerintah yg mengawasi semua itu juga dapat dipercaya?????????

    Reply to this comment
  11. papanialo December 29, 23:52

    yg bilang PT. RFB penipu, psti org nntau trading ato nd kse biar dpe account kse broker yg bermain.
    klo mmg suka jdi nasabah, olah doi sndri, jgn kse pegang p broker.
    dg bljar bae2 tj trading. spya kasus2 bgni nd muncul ulg.
    slam BC PT. RFB

    Reply to this comment
  12. org manado November 27, 23:19

    @AMP… ngana da tulis “btw SYA ORANG MENADO”….

    pertanyaannya: Asli apa Palsu? .. inga cuma orang luar manado tu tulis kata MANADO dengan tulisan MENADO…. preeetttt skali nn neh.. kantara le 1 tukang tipu ngana kang….

    Reply to this comment
  13. Jendri Frans Mamahit November 27, 18:15

    Nasabah tidak bisa berbuat banyak apalagi ingin melaporkan RFB..saia-sia. Lebih baik banyak belajar dan balas kekalahan anda. Caranya,setelah anda belajar dan mahir lewat akun demo maka bergabung kembali dengan RFB sebagai nasabah. Saat anda profit segera tarik profit anda,cermati baik-baik masukan dari pialang atau WPB dengan begitu anda tidak akan digiring untuk terus top up. Jangan biarkan anda terus menerus menambah dana. Ingat trading lah dengan bijak dan segera tarik jika sudah profit.

    Reply to this comment
  14. Ex-Broker SGB November 27, 12:24

    Bapepbti udah gak setenar bapepam, juga gak ada edukasi ke masyarakat supaya lebih familiar di dunia investasi. Yang ada diedukasi sama anak2 SMA. OMG…

    Intinya sih masyarakat butuh edukasi, jangan salesnya turun kejalan terus hadapin semua customer terus.

    Reply to this comment
  15. orang manado November 25, 23:27

    mantab skli ini pt. rivan qt dapa untung 16 juta per bulan..
    mar musti ja rajin2 ja ba lia dy pe naek denk turung… supaya banyak untung,
    ba gtu cma gmapang kw ja klik klu dy harga di bawa torang bli,,, serta di naek ulang jual di harga atas…. ndk susah kw, gampang kote….e!

    Reply to this comment
  16. Ny A. Noor November 07, 15:54

    Rifan itu bandar judi berdasi…

    Reply to this comment
  17. ardy PM October 04, 23:14

    bwt para nasabah pt.rifan yg msh traiding
    pt. rifan adlh perusahaan yg btul2 menguntung kn aslkn kta brmain scra sbar n jgan serakah.
    bwt org yg blang pt.rifan penipu jga omongn anda krna yg blang penipu it org bodoh yg gk tau dunia traiding.
    jd klo mau trading pelajari lah dlu agar anda bsa sukses n bsa mendapt untung yg anda ingin kn.
    kunci’y hanya kesabaran n jgan serakah….
    slam SBC PT.RIFAN

    Reply to this comment
  18. rafsan September 27, 17:15

    sudah” klw bgnie trus kpn slesai_y.
    klw mag prusahan_y penipu . depnaker pasti udah trun tanggan.
    klia_smua tuh cuman nyari sensasi
    pdhal klian sering menipu orang???

    Reply to this comment
  19. rena September 15, 11:03

    ya,menuruT sya smua,hati2lah dlm mlKukan transaksi,krna di Dunia ini gk ada mnusia yg smpurna,,qt gk akan truz untg,dan rugi,smua btUh pRoses,krna harga emas tiap sekejap mata berubAh.

    Reply to this comment
  20. cahaya September 11, 19:17

    …percaya saya korban PT RFB…..modusnya setelah yg di prospek masuk dan setor uang minimal 10 ribu USD… uang yang disetor di tradingkan oleh karyawan PT RFB yg memprospek kita. tanpa Konfirmasi . Di Undang undang jelas harus konfirmasi ke nasabah. Motivasi karyawan adalah fee yg 5 dollar pertransaksi. Gaji mereka dari fee ini. Begitu uang kita habis yg bersangkutan keluar, klaim keatasannya, karena di akui kesalahannya berjanji akan sanggup mengganti. Tetapi sampai sekarang janji melulu. . Bagi yg bernasip sama ( ini banyak jumlahnya ..seperti yg sy ikuti berita di koran Bisnis dan media elektronik). Dari pengakuan, Bapepti sendiri belum sanggup mengawasi semua perusahaan Pialang yg Legal maupun Ilegal. Masyarakat banyak yg jadi korban. Yang berminat mari bergabung membentuk Komunitas Trader Indonesia. Salam hangat dari Bdng.

    Reply to this comment
    • Arta December 11, 11:16

      Ikut komunitasnya dong Gan. Ane disini sbg trader juga bingung mau share market dg siapa.

      Reply to this comment

Write a Comment