BeritaManado.com

Prabowo Seorang Haji, Saya Protestan dan Kakak Kami Katolik

June 26
07:43 2014

Hashim Djojohadikusumo

Manado – Keluarga Calon Presiden RI Prabowo Subianto,  asal di Sulawesi Utara. Ibu Prabowo lahir di Manado berasal dari Langowan. Lahir tanggal 1 September 1921.

Ayah Prabowo seorang guru seorang profesor dengan 5 kali menteri dibawah Presiden Soekarno dan Soeharto. Kakek Prabowo adalah RadenMas Djojohadikusumo pendiri Bank Negara Indonesia yang sekarang BNI 46.

Ini diungkap oleh Hashim Djojohadikusumo yang merupakan adik kandung dari Prabowo Subianto, ketika menghadiri deklarasi dukungan Partai Demokrat Sulut pada Prabowo-Hatta, Selasa (24/6/2014) malam.

Sedangkan latar belakang agama, ibu Prabowo lahir seorang Kristen dan meninggal Kristen.

Tidak pernah berpindah agama. Dikeluarga kami agama tak jadi masalah – Hashim Djojohadikusumo dihadapan ratusan kader Demokrat Sulut

“Prabowo seorang haji, saya Kristen Protestan, kakak kami Katolik. Saya Protestan ikut mami. Saya anggota Gereja Kristen Indonesia GKI kebayoran baru,” jelas Djojohadikusumo

Ditegaskannya lagi, dikeluarga Prabowo, agama tak jadi masalah. Setiap hari Natal sudah 60 tahun lebih, Prabowo merayakan hari Natal, seorang Muslim yang merayakan Natal. “Saya sebagai orang Kristen merayakan Idul Fitri. Saya minta maaf Minal Aidin wal Faizin pada sahabat, orang tua, kakak saya. Itu keluarga kami. Kami rukun dari masalah agama,” kata Djojohadikusumo.

Bahkan ditambahkannya, ada orang Yahudi di keluarga mereka, dimana sepupu mereka menikah dengan orang Yahudi. “Itu tidak ada masalah di keluarga kami. Katolik sama Protestan nggak masalah, Islam nggak masalah, juga dengan Yahudi,” tegas Djojohadikusumo.

Djojohadikusumo mengakui, Prabowo Subianto bisa jadi Presdien semua agama, ras, suku dan semua kelompok. Orang Kristen, Islam, Hindu, Budha akan dihidupi dan dibelanya.

“Karena itu adalah tugas pokok setiap Presiden untuk membela dan melindungi rakyatnya. Itu adalah visi dia dari dulu. Dia dalam militer dia membela Pancasila dan Republik Indonesia, dia membela Undang-Undang Dasar, bela Bhineka Tunggal Ika. Dia hampir mati 4 kali untuk Republik Indonesia,” jelas Djojohadikusumo. (robintanauma)

 

22 Comments

  1. bentot July 30, 00:38

    SALAM INDONESIA. DI KOLOM INI SAYA USUL, KALAU BERKENAN JANGAN MEMBERI IMPRESI TIDAK MEMBELA DAN MEMBELA SESEORANG TERTENTU DGN BAHASA YG CENDERUNG TIDAK SESUAI DGN KESOPANAN KITA SEBAGAI BANGSA INDONESIA. BILA SAUDARA2 MENYUKAI & TIDAK MENYUKAI SESORANG JADI RI SATU, MOHON DGN HORMAT WUJUDKAN PIKIRAN KESUKAAN & KETIDAKSUKAAN PD SESORANG DARI SAUDARA DIWUJUDKAN DI RUANG KOTAK SUARA PENCOBLOSAN. SAYA USUL KITA JADI BGS BERADAB YANG MENGHORMATI SEMUA ORG & KPD ORG YG SDR TDK SUKA SEKALIPUN. JADIKAN MEDIA SOSIAL APAPUN DGN BAHASA BERADAB TDK MEMBIKIN ORANG LAIN TERSINGGUNG.USAHAKAN TDK SEC HKM MENCEMARKAN NAMA ORG, KRN ADA HKMNYA GIMANA? TKSH. BENTOT

    Reply to this comment
  2. Ronny June 04, 20:06

    Huuuuu pake2 agama lagi buat cari popularitas.!!!

    Reply to this comment
  3. Danautondano May 18, 19:55

    Tolong diingat: Prabowo antek organisasi intoleran HTI, FPI, dll.
    Fadli Zon lebih gila lagi dengan terang2an membela HTI Dan FPI.
    keduanya adalah Ketua dan waketum GERINDRA. So please pilpres, pemilu dan pilkada berikut jangan memilih Pra owo, kader GERINDRA.
    INGA INGA ASAL BUKAN GERINDRA.

    Reply to this comment
  4. lismana May 17, 23:36

    Disaat pilkada dki, gerindra sangat mesra DG fpi, gnf mui, fui, hti, DLL yg tergolong garis keras, JD prabowo tdk bisa dipercaya utk memelihara, menjaga, nkri yg berdasarkan Pancasila, Dan uud 1945, serta bhinneka tunggal ika.

    Reply to this comment
  5. Hernof May 13, 15:59

    Maaf pd saat Pak Prabowo mencalonkan utk Pemimpin RI 1′
    Saya pengagum pak Prabowo bersama teman2 di FB utk ikut mencalonkan dlm pemilihan Partai Gerinda’ saat itu kami
    Baru skitar 20 org yg ikut masuk pemilihan Umum dan masuk ke link yg ikut mencalonkan Pak Prabowo’makin hari setelah 1 minggu jumlah calom pemilih pak prabowo pda link yg kami ikuti’setelah 1 bln kemudian jumlah calon pemilih pd link kami dan joint link Gerindra skitar 1 juta 650 ribu calon’ tiap hari makin bertamba cepat
    Bertambah anggota calon pemilih begitu cepat karna saya yakin kan bahwa pak Prabowo itu banyak pengetahuan tentang NKRI
    Yg Ia inginkan utk perjuangkan
    Mengenai Bumi dan Kekayaan Indonesia Ingin Rakyat itu sendri yg mengeloh dan hasil nya Rakyat itu sendiri bukan jatuh para pembisnis2 yg di per jual belikan ke luar Negri’ begitu juga Mengenai Teritorial batas Nega2 Tetangga’ Dia berusaha perjuangkan’ itulah saya besar menaru harapan dan teman2 di FB ingin Memilihnya utk jadi No. 1 Di RI ini . tapi setelah sdh 2bln bergulir bertambah pemilih’ menjadi 3 juta 853 ribu dan dlm list pemilih di link kami saya urutan 3 juta 565 pemilih’ setelah tinggal 1 minggu utk pelaksanaan Pemilihan’ yg rencana Saya jika saya tdk kembali ke Indonesia terpaksa saya hrs ikut memilih di Luar Negri ( di Abu Dhabi ) tapi setelah saya cek Nama Saya sdh hilang di link group pemilih’dri sini Saya kecewa’ dan saya tdk tertarik memilih Gerindra. Sampai saat ini 1 Partai pun saya blum bisa memilih Partai mana Saya hrus Saya Ikut.

    Reply to this comment
  6. R May 02, 18:58

    Your comment..dalam islam perkawinan muslim dgn diluar islam haram dan hubungan badan ya walau sudah nikah tetep zina dan anak yg dihasilkanya hasil zina sebelum bertobat…ini sampai mati ibu non muslim ayah muslim….jadi nilai sendiri…?????

    Reply to this comment
    • GoKill May 28, 00:20

      Ajaran agama itu penuh doktrin, harus begini gak boleh begitu… ribet! Dokktrinnya itu menjadikan umat manusia terkotak-kotak. Percaya Tuhan tidak harus beragama. Taati saja kesepuluh perintah Allah… Beres gak pake ribet.

      Reply to this comment
  7. jimmy May 02, 17:33

    iya memang benar.aslinya prabowo kristen protestan.
    prabowo masuk islam saat menikahi titiek soeharto

    Reply to this comment
  8. moko April 23, 02:29

    Jangan salah prabowo subianto islamnya adalah islam politik karena kawin sama titik suharto.
    Pernah tidak kalian ngelihat dia sholat. Persis seperti hary tanoe sudibyo karena butuh suara rakyat untuk ambisinya jadi RI 1 ia pakai peci, sajadah keluar masuk masjid.
    Jangan lupa prabowo adalah tukang jagal aktifis 1998 (lihat video konfrensi pers 2014 Prof. Hermawan Sulistyo).

    Reply to this comment
    • Samuel May 02, 03:40

      Hahaha….Dari Cara Anda Berbicara Maka Kelihatanlah Sejauh Mana Kualitas Anda Bung….!!!!!!!!!!!

      Reply to this comment
    • Lenny May 05, 17:39

      Setuju…dana masalah ya prabowo di dukung dan pendukun Islam garis kerad termasuk Fpi…

      Reply to this comment
  9. Arif amran January 14, 12:05

    Maju trus pa prabowo. Saya pengagunm mu.

    Reply to this comment
  10. JEMI April 16, 11:00

    kejujuran seperti inilah saya bangga dg bapak prabowa

    Reply to this comment
  11. Yunamon October 11, 12:41

    Good, n God Bless Prabowo Family’s

    Reply to this comment
  12. Adano July 05, 20:40

    Jangan menyesal kalau tak pilih ini:

    .””. .””,
    | | / /
    | | / /
    | | / /
    | |/ ;-._
    } ` _/ / ;
    | /` ) / /
    | / /_/\_/\
    |/ / |
    ( ‘ \ ‘- |
    \ `. /
    | |
    Adano | |

    Reply to this comment
  13. yapin July 02, 13:36

    satu agama yaitu kristen? kok prabowo agama islam ya mungkin mengikuti ayahnya…aku agama kristen salam 2 jari

    Reply to this comment
  14. tono July 02, 06:34

    isu pluralisme selalu dimunculkan pihak minoritas saya mualaf dari ibu katholik sekarang islam. pluralisme ini dijadikan tameng untuk memaksakan keberadaan salah satu agama
    pdhal alangkah baiknya tnjukkan dulu simpati dan empati kegotong royongan
    baru setelah itu terlahir trust antar umat beragama memang sih lama
    pihak mayoritas biasanya terdoktrin oleh isu kecil yang berpulang pada isu eksospol
    jangan merasa mayoritas jangan merasa minoritas saling manahan diri, menghargai menghormati

    Reply to this comment
  15. Drs Henky Rumagit June 27, 12:16

    Pada saat Bpk Prabowa jadi Presiden, harapan saya: 1. Tidak ada dominasi agama (penindasan agama besar kepada agama minoritas)
    2. Dapat di UU kan Dwi Kewarganegaraan) yang akan membawa banyak keuntungan bagi negara RI

    Reply to this comment
  16. Henk June 27, 12:08

    Saya tinggal di US, masih WNI, di US permanent resident , harapan kami agar Bpk Prabowo waktu
    Jadi Presiden dapat berdiri kepada semua Agama, dan tidak meluaskan dominasi salah satu Agama.JUga dapat membuat uu tentang Dwi Kewarganegaraan

    Reply to this comment
    • imAn November 19, 23:41

      Your comment..beda agama itu wajar,karna hidayah adalah kewenangan tuhan.
      tapi seorang muslim yang meng i’ktikadkan islam sama saja dengan agama lainnya,itu pertanda akidah nya telah rusak.Islam ya’lu, walau yu’la
      ‘alaih. islam luas,islam bisa berdampingan dengan agama manapun,namun menyamakan islam dengan agama lain adalah sesat. biarlah keberagaman bernaung dibawah bhinneka tunggal ika,tapi jangan lumuri islam dengan kebathilan .

      Reply to this comment
      • Dolfi April 25, 15:48

        Insya Allah. Haleluya.Tabea

Write a Comment