BeritaManado.com

PMI Minsel Ditantang Bangun Unit Transfusi Darah

August 11
00:43 2017
Ketua PMI Minsel dr Michaela Elsiana Paruntu

Ketua PMI Minsel dr Michaela Elsiana Paruntu

 

Amurang, BeritaManado – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) ditantang untuk membangun Unit Transfusi Darah (UTD) di Amurang.

Hal tersebut diutarakan Wakil Ketua PMI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tommy Sumakul dihadapan Ketua DPRD Minsel Jenny Tumbuan SE dalam momen pelantikan pengurus Kecamatan PMI se-Minsel pada Rabu (9/8/2017) kemarin.

“Untuk kedepan, atas inisiatif Ketua PMI Minsel, dr Michaela Paruntu sudah bisa membangun UTD. Supaya sudah tidak terlalu susah ke Manado. Diusahakan tahun depan sudah bisa dibangun,” kata Tommy Sumakul.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel bisa mensuport dikarenakan UTD yang ada di Kabupaten/Kota masih sangat sedikit. UTD baru ada di Manado, Bitung, Bolaang Mongondow, Minahasa Utara dan Sitaro. Yang lain baru bersifat Bank Darah yang ada di masing-masing Rumah Sakit.

“Pemikiran ini didasarkan pada kondisi jalan dan volume kendaraan yang seperti ini, waktu perjalanan ambulans bisa mencapai 1 jam hingga 1 jam 10 menit. Tapi kalau UTD itu ada di Minsel, hanya akan membutuhkan waktu 20 menit sampai 25 menit,” tambah Tommy Sumakul.

Sehingga pembangunan UTD sudah menjadi kebutuhan di kemudian hari. Pembentukan UTD pasti tidak akan dihalang-halangi, karena pasti semua ingin tertanggulangi.(TamuraWatung)

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment