BeritaManado.com

Perawatan Bagaimana?? TPA Regional Ratusan Miliar Terancam Mubasir

February 02
09:08 2018
Foto TPA Manado

Foto TPA Manado

 

Manado, BeritaManado.com – Rencana menggelar konsultasi publik pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Desa Iloilo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara mendapat dukungan anggota DPRD Sulut, Adriana Dondokambey.

Menurut legislator PDIP dapil Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara ini, konsultasi publik harus dilakukan secara menyeluruh.

“Semakin banyak orang tahu samakin baik. Pemerintah wajib menyampaikan hasil kajian lingkungan termasuk menjelaskan kepada masyarakat TPA ini bukan seperti TPA lainnya yang identik dengan kotor dan bau, tapi ini TPA moderen bahkan kita bisa makan minum di lokasi TPA,” ujar Adriana Dondokambey kepada BeritaManado.com, Jumat (2/2/2018).

Lanjut Adriana Dondokambey, anggaran besar hingga ratusan miliar yang akan dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk pembangunan TPA Regional patut mendapat dukungan masyarakat.

“Tentu juga dukungan masyarakat ini harus diiringi perencanaan matang agar proyek ini bisa bermanfaat,” tukas Adriana Dondokambey.

Meskipun mendapatkan keyakinan dari pemerintah bahwa pengadaan TPA Regional ini sangat bermanfaat bagi masyarakat nanti, namun nada kritik datang dari pemerhati lingkungan, Dino Sekoh.

Menurutnya, perlu perencanaan baik untuk proyek ratusan miliar tersebut mengacu bahwa selama ini banyak proyek APBN di Sulut yang mubasir akibat tidak ada perencanaan matang.

“Contoh di semua ruas utama jalan di Kota Manado di bawah jalan tersimpan uang ratusan miliar pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) beberapa tahun lalu hingga kini tak jelas pemanfaatannya. Begitu pula mesin moderen TPA nanti perawatannya bagaimana? Jangan sampai mesin ratusan miliar itu menjadi besi tua karena untuk perawatan mobil ratusan juta saja kadang kala menemukan suku cadang sulit harus menunggu hingga berbulan bulan, apalagi sukucadang mesin ratusan miliar!” tandas Dino Sekoh.

(YerryPalohoon)

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

five × four =