BeritaManado.com

Pemerintah Dan TNI Mantapkan Sinergitas, ASN Manado Ikuti Komsos

Mei 18
18:39 2017

 

Kolonel Inf Endro Satoto

Kolonel Inf Endro Satoto

 

 

 

Manado – Dengan kondisi negara saat ini yang diterpa isu sara dan ancaman dari beberapa pihak, maka wawasan kebangsaan seluruh elemen masyarakat perlu ditingkatkan guna mencapai pertahanan negara yang kuat.

Atas dasar hal tersebut, maka pada Kamis (18/5/2017), Korem 131/Santiago melalui Staf Teritorial melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Aparat Pemerintah Provinsi Sulut dan Kota Manado yang dilaksanakan di Aula Makorem 131/Santiago.

Mewakili Danrem 131/Santiago Kolonel Inf Sabar Simanjuntak, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Endro Satoto SIP MM yang membuka kegiatan tersebut menegaskan, pentingnya kerukunan sebagai kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindarkan di tengah perbedaan yang ada, termasuk besarnya semangat kebangsaan.

“Kerukunan bukan merupakan penghalang untuk hidup rukun dan berdampingan dalam bingkai persaudaraan dan persatuan. Disisi lain perlunya semangat kebangsaan atau nasionalisme yang merupakan perpaduan atau sinergi dari rasa kebangsaan dan paham kebangsaan,” ujar Endro saat membacakan sambutan Danrem 131/Santiago.

Lanjutnya, hal ini tercermin pada sekelompok masyarakat yang pemahaman pluralismenya sudah mulai luntur, karena pada kenyataannya bangsa Indonesia terdiri atas bermacam suku, golongan dan keturunan yang memiliki ciri lahiriah, kepribadian, kebudayaan yang berbeda, serta tidak menghapus kebhinekaan, melainkan melestarikan dan mengembangkan kebhinekaan sebagai dasarnya.

“Oleh karena itu perlunya pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang merupakan cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, peran Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di lingkup pemerintah provinsi Sulawesi Utara maupun pemerintah kota Manado sangat dibutuhkan, sehingga sinergitas pemerintah dan TNI perlu ditingkatkan, sebagaimana yang disampaikan Kolonel Inf Endro Satoto kepada BeritaManado.com disela-sela kegiatan.

“Metode komunikasi sosial ini dilakukan guna menjalin dan memelihara serta meningkatkan komunikasi dengan segenap aparatur sipil negara di daerah yang ada di wilayah kerja Korem 131/Santiago. Selain ini merupakan program rutin kita, pelaksanaannya di triwulan kedua ini juga bertepatan dengan situasi bangsa termasuk kota Manado saat ini,” tutupnya. (srisurya)

 

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment