BeritaManado.com

Paroki St Antonius Padua Tataaran Peringat 138 tahun Pembaptisan Pertama

Agustus 10
21:06 2017

 

Perayaan Ekaristi Peringatan 138 Tahun Pembaptisan Pertama Paroki St Antonius Padua Tataaran

Perayaan Ekaristi Peringatan 138 Tahun Pembaptisan Pertama Paroki St Antonius Padua Tataaran

 

Tondano – 138 tahun sudah perjalana sejarah Paroki St Antonius Padua Tataaran. Sejak pembaptisan pertama yang dilakukan pertama kali 9 Agustus 1879, telah banyak lika-luku perkembangan umat yang dilalui hingga boleh ada seperti saat ini dengan bangunan gedung gereja representatif dan jumlah umat yang lebih banyak.

Perjalanan panjang sejarah umat itulah yang disyukuri Pastor Paroki Christian Santie MSC dan seluruh lapisan umat yang ada dalam Perayaan Syukur peringatan 138 tahun pembaptisan pertama. Perayaan tersebut dipimpin langsung Uskup Manado yang baru Mgr Benediktus Estephanus Rolly Untu MSC, Rabu (9/8/2017) malam kemarin.

Didampingi Pastor Christian Santie MSC, Pastor Jhon Tinggogoy MSC dan Pastor Ino CSE, Mgr Untu dalam khotbahnya mengangkat tentang air hidup yang terus mengalir dari dalam gereja atau Bait Allah untuk menghidupkan semua yang dilaluinya.

“Air yang mengalir dapat menghidupkan benih iman yang tertanam sejak pembaptisan pertama 138 tahun silam. Itu boleh bertumbuh dan berkembang hingga berbuah seperti sekarang ini oleh karena kasih karunia Tuhan sendiri. Sebagai umat, kita diutus untuk menjadi garam dan terang dunia di lingkungan kehidupan yang didasari pada air hidup, yaitu Yesus sendiri,” katanya.

Pada bagian lain, Pastor Christian Santie MSC dalam selayang pandang Paroki St Antonius Padua  Tataaran mengatakan bahwa momentum 138 tahun pembaptisan pertama menjadi sarana persatuan  dan kesauan seluruh umat. Hal itu berkaitan dengan tantangan zaman yang dihadapi seiring perjalanan waktu.

Pada perayaan syukur tersebut turut dimeriahkan Paduan Suara OMK Tataaran (St Anthony Youth Choir). Selain itu, acara kebersamaan itu turut tampil Kaum Bapa Katolik (KBK), Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Orang Muda Katolik (OMK), SEKAMI, Lansia dan WARAKAWURI. (frangkiwullur)

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment