BeritaManado.com

Open Turnamen Piala Pangdam XIII/Merdeka Jadi Awal Kebangkitan Pencak Silat di Sulawesi Utara

December 12
19:04 2017
Suasana pembukaan Turnamen Terbuka Pencak Silat Piala Pangdam XIII/ Merdeka

Suasana pembukaan Turnamen Terbuka Pencak Silat Piala Pangdam XIII/ Merdeka

 

Manado, BeritaManado.com — Pelaksanaan Turnamen Terbuka Pencak Silat Piala Pangdam XIII/Merdeka yang digelar mulai hari ini, Selasa (12/12/2017) sampai Kamis (14/12/2017) mendatang di Grhadika Jaya Sakti menghadirkan 374 atlet dari berbagai perguruan dan daerah di Indonesia.

Kompetisi ini pun diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi para atlet Sulawesi Utara yang akan berkiprah di PON XX mendatang, demi mengembalikan kejayaan kontingen Sulawesi Utara yaitu mendulang emas lewat cabang olahraga pencak silat.

Hal tersebut disampaikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito kepada BeritaManado.com usai membuka Turnamen Terbuka Pencak Silat secara resmi.

“Pada PON lalu kita gagal dapat emas. Maka dari itu, kami bersinergi dengan pemerintah kota Manado dan pemerintah provinsi Sulawesi Utara untuk melaksanakan turnamen ini. Harapan kami, turnamen ini dapat jadi evaluasi dsn motivasi bagi para atlet untuk bangkit agar pada PON berikut, kita bisa dapat emas,” ujar Ganip Warsito.

Lanjutnya, pencak silat sebagai warisan budaya harusnya dilestarikan dan dijaga oleh generasi masa kini, dengan kata lain, dapat dijadikan pilihan olahraga yang kemudian menjadi gaya hidup setiap hari.

“Pencak silat dan olahraga pada umumnya melatih kekuatan fisik dan kerohanian, melatih kecerdasan anak secara menyeluruh. Jadi akan disayangkan kalau olahraga tidak berkembang. Setelah sepak bola, pacuan kuda dan yongmoodoo, kali ini kita bantu pencak silat,” tambahnya.

Turnamen ini pun kini diwacanakan akan dilaksanakan rutin setiap tahunnya agar pembinaan terhadap para atlet dapat terus dilakukan.

“Tahun depan rencananya kita laksanakan lagi, jadi biar masuk agenda tahunan kita,” tutupnya. (srisurya)

 

Baca juga:

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

five × one =