BeritaManado.com

OLLY DONDOKAMBEY Sebut Regulasi Jadi Hambatan KEK Bitung Tak Jalan

August 13
20:18 2017

Olly Dondokambey melayani sejumlah awak media saat meninggalkan ruang sidang

Manado – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan selain faktor belum adanya sertifikat tanah HGU di KEK Bitung masalah lain yang menghambat jalannya KEK tersebut dikarenakan tidak didulung regulasi yang full.

Hal itu disampaikan Olly Dondokambey pada Komisi VI DPR RI saat melakukan kunjungan kerjanya di Sulut pekan lalu.

Menurut dia masalah pembebasan lahan sebenarnya tidak menjadi persoalan daerah karena sebelumnya Pemprov sendiri telah menganggarkan sedilitnya 200 milliar rupiah guna mendukung hal itu, namun sayang masalah tersebut kustru tidak didukung dengan regulasi yang jelas.

“Disuruh bikin (buat) KEK, Pemda sudah siapkan dana untuk pembebasan lahan dan segala macam tapi tidak didukung dengan regulasi yang full sehingga tidak bisa jalan (KEK),”jelas Olly Dondokambey.

Dia menjelaskan, hal itu akan menghambat pembangunam Sulut, pasalnya anggaran yang sudah disiapkan sebesar 200 M akan mengendap tidak ada guna bila KEK tak jalan.

“APBD kita (Pemprov Sulut) cuma tiga Triliun, kalau kita siapkan dua ratus milliar buat pembebasan lahan lalu “nongkrong” duitnya kan sayang,” tegasnya.

Padahal menurut Olly Dondokambey, kalau amggaran itu dipakai buat investasi lainnya, pasti bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Jadi saya kira regulasi-regulasi ini yang kami minta kepada Komisi VI untuk lebih membuka Wilayah Timur ini, kalu ini bisa jalan saya kira pertumbuhan ekonomi baru di Wilayah Timur ini bisa bergerak maju,” jelas Olly Dondokambey yang menyayangkan banyaknya regulasi yang membatasi pergerakan ekonomi di Wilayah Timur Indonesia. (rizath polii)

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment