BeritaManado.com

Nah, Gara-gara Pemilihan Pelsus Rahasia 30 Tahun Terbongkar

October 16
21:12 2017
Pemilihan Pelsus GMIM Berjalan Lancar

Pemilihan Pelsus GMIM Berjalan Lancar

 

Manado – Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) sukses menggelar pesta iman pemilihan Pelayan Khusus (Pelsus), Jumat (13/10/2017).

Namun, pemilihan Pelsus yang digelar serentak menyisakan banyak cerita menarik. Petunjuk pelaksana (Juklak) terkait pemilihan yang dikeluarkan Sinode GMIM seperti isteri atau suami pernah cerai hidup tidak bisa menjadi Pelsus salah-satu aturan yang dianggap kontroversi.

Bahkan, hasil pemilihan Pelsus di salah-satu kolom di GMIM Alfa-Omega Rumengkor menyisakan cerita tidak mengenakan bagi keluarga dari calon penatua terpilih, disebabkan isteri dari penatua terpilih tersebut pernah cerai hidup.

Aneke, salah-satu jemaat GMIM Alfa-Omega Rumengkor, menceritakan kepada BeritaManadoManado.com, Senin (16/10/2017), akibat pemilihan Pelsus, rahasia keluarga puluhan tahun terkuak.

“Anak-anak dari penatua terpilih tidak pernah tahu kalau ibu mereka pernah menikah dan cerai hidup sebelum menikah dengan bapak mereka yakni penatua terpilih tersebut. Bayangkan aib keluarga yang menjadi rahasia selama 30 tahun harus terbongkar gara-gara pemilihan Pelsus,” ujar Aneke.

Dia berharap, kedepan GMIM melakukan revisi terkait petunjuk pelaksana pemilihan yang berdampak tidak baik bagi jemaat.

“Saya setuju misalnya calon Pelsus sudah pernah disidi di GMIM berkaitan dengan tata gereja, namun soal cerai hidup ataupun perilaku menyimpang kita kembali pada konsep pelayanan yakni pertobatan. Meskipun calon ataupun pasangannya pernah cerai hidup kita mengacu pada kondisi sekarang. Jika yang bersangkutan sudah menjadi baik, kenapa kita harus kembali ke masa lalu,” pungkas Aneke. (JerryPalohoon)

 

 

 

 

 

 

3 Comments

  1. The Last Samurai October 22, 20:41

    Filosofi pelayanan: Yesus datang untuk orang berosa. Jika gereja msh mempermasalhkan dosa 30 tahun lalu yg pernah dilakukan jemaat, itu brarti gereja tidak yakin dgn pelayanan yang dilakukan selama ini, pelayanan menuju pertobatan.. GB

    Reply to this comment
  2. Deril Alfiance Kaligis October 18, 08:42

    maf ya segala sesuatu bukan hanya pelayan, bagi kita sebagai umat yang percaya Tuhan, harus mengikuti firman, untuk menikah dng seseorang yang di ceraikan hidup itu ada sinah dan tak bisa diubahkan karna firman TUHAN dari dulu sampai sekarang ya dan amin. jadi tak ada toleransi, klo tdk nengikuti firman itu sdh dosa.

    Reply to this comment
  3. indra October 17, 13:33

    Ngoni so konfirmasi p keluarga yang bersangkutan sebelum posting ini brita?

    Reply to this comment

Write a Comment