BeritaManado.com

Macet Semakin Menjadi, Masyarakat Desak Pemerintah Tuntaskan Ringroad III

August 27
13:51 2017
Macet di ruas Boulevard

Manado menjadi kota macet

 

Manado – Masyarakat berharap pemerintah mempercepat pembangunan Ringroad III bagian dari Manado Outer Ringroad, Winangun-Malalayang.

Menurut pemerhati kota, Dino Sekoh, keberadaan Ringroad III akan mengurai kemacetan parah yang sering terjadi dalam kota terutama kemacetan di ruas Karombasan, Ranotana, Sario, Bahu hingga Malalayang.

“Ruas-ruas tersebut merupakan akses Winangun-Malalayang atau sebaliknya, jika Ringroad III sudah selesai dipastikan intensitas kendaran yang melintas di dalam kota akan jauh berkurang,” tandas Dino Sekoh kepada BeritaManado.com, Minggu (27/8/2017).

Sebelumnya, Sekretaris Komisi 3 DPRD Sulut, Amir Liputo, mempertanyakan proses pembebasan lahan Ringroad 3 Winangun-Malalayang yang diduga sarat kepentingan pribadi oknum-oknum tertentu. Pembangunan Ringroad 3 secepatnya harus diselesaikan untuk mengurai kemacetan lalulintas dalam kota Manado terutama kemacetan ruas dari kelurahan Karombasan, Ranotana, Sario
hingga Malalayang.

“Bagaimana visi besar bapak gubernur membangun infrastruktur jalan untuk mempercepat akses sekaligus mengurai kemacetan dapat tercapai jika pada proses pembebasan lahan saja diduga melibatkan kepentingan-kepentingan pribadi?” tegas Amir Liputo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Sulawesi Utara, Stif Kepel, menjamin pembebasan lahan Ringroad 3 sesuai perencanaan yang sudah ditandatangani Gubernur Olly Dondokambey.

“Ringroad 3 basic design sudah selesai tergambar pada trase yang sudah ditandatangani bapak Gubernur Olly Dondokambey. Jika ada pemindahan trase sama saja melawan gubernur. Begitu pula untuk jembatan di Boulevard 2 sudah dianggarkan untuk basic design sebesar 500 juta,” terang Stif Kepel.

Kadis PUPR Stif Kepel menjamin pembangunan Manado Outer Ringroad akan berkelanjutan melalui pembangunan Ringroad 3 Winangun-Malalayang, lanjutan pembangunan Boulevard 2 di Manado Utara hingga terkoneksi dengan ruas Ringroad 2 di Buha-Bengkol.

“Jembatan karang ria di Boulevard 2 sudah dianggarkan untuk basic design sebesar 500 juta. Nanti di sungai Bailang akan dibangun jembatan Soekarno 2 sambungan dari Boulevard 2,” jelas Stif Kepel. (JerryPalohoon)

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment