BeritaManado.com

Macet Manado Makin Parah, Sofyan: Tertib Saja Sudah Sangat Membantu

November 14
18:19 2017

 

M Sofyan

 

 

Manado — Kemacetan yang terjadi di kota Manado kini makin menjadi masalah serius.

Pihak terkait, seperti pemerintah daerah,  Satuan Polisi Lalu Lintas dan Dinas Perhubungan pun terus memacu kerja otak dan tenaga untuk mencari solusi agar masalah kemacetan tidak sampai melumpuhkan aktivitas lalu lintas.

Kepada BeritaManado.com, Kepala Dinas Perhubungan kota Manado, M Sofyan menjelaskan, salah satu penyebab kemacetan adalah jumlah kendaraan yang meningkat drastis, sementara volume ruas jalan tidak bertambah, sehingga tingkah laku pengguna jalan sangat berpengaruh terhadap kondisi jalan.

“Para pengguna jalan sering kali cenderung melanggar aturan atau rambu lalu lintas. Sehingga dengan kondisi jalan yang begitu saja sementara kendaraan terus bertambah, maka kemacetan tak bisa dihindari. Belum lagi dengan faktor lainnya, seperti parkir liar, ada pengerjaan jalan atau terjadi penumpukan kendaraan di persimpangan karena tidak ada yang mau mengalah,” jelas Sofyan.

Lanjutnya, hal itu membuktikan, masalah kemacetan bukan hanya tanggungjawab pemerintah dan kepolisian saja, tapi tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat, lewat kepatuhan terhadap rambu lalu lintas.

“Tertib saja sudah sangat membantu. Maksudnya, dengan kepadatan kendaraan yang ada sekarang, kemacetan memang tidak bisa dihindari tapi setidaknya kita bisa mengurai kemacetan lewat tingkah laku di jalan, tertib berlalu lintas,” tambahnya.

(srisurya)

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment