BeritaManado.com

Kebakaran Lahan di Pinasungkulan Ancam Kawasan Hutan Wiau

August 21
21:16 2018

Petugas saat berupaya mencegah api merambat di lahan perkebunan Pinasungkulan

 

Bitung – Kebakaran lahan di Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu memgancam kawasan hutan lindung Wiau, Senin (20/08/2018).

Pasalanya, api yang bersumber dari lahan baru yang dibuka warga dengan cara membakar mulai merambat ke wilayah batas hutan Wiauw.

“Lahan yang terbakar di Kelurahan Pinasungkulan lingkungan satu dan mulai merambat akibat tiupan angin,” kata Kepala BPBD Pemkot Bitung, Rudy Wongkar, Selasa (21/08/2018).

Kondisi lahan di dekat hutan lindung Wiauw setelah dilalap api

 

Rudy yang memimpin langsung proses pemadaman mengatakan, sekitar tiga hingga empat hektar lahan yang terbakar hanya dalam hitungan jam karena kondisi kemarau.

“Beruntung api bisa dipadamkan sebelum mengarah ke kawasan dan kami harap ini menjadi perhatian warga agar tak asal membakar lahan,” katanya.

Ia juga mengatakan, ada 25 personil dari BPBD yang diturunkan ke lokasi memadamkan api, dibantu Manggala Agni delapan orang, Babinsa, karyawan PT MMS empat orang, lurah dan Pala.

“Sekali lagi kami himbau warga agar menghindari melakukan aksi pembakaran karena kondisi cuaca saat ini sangat rentan terjadi kebakaran lahan,” katanya.

(abinenobm)

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

twenty − sixteen =